12.9 C
New York

Pemanenan Pupuk Organik Cair (POC) Hasil Inovasi Community Development KSE Unimed

Published:

Medan, Persma Kreatif — Community Development Karya Salemba Empat (KSE) dilakukan oleh 35 PTN di seluruh Indonesia. Community Development KSE Unimed periode 2022-2023 meluncurkan beberapa inovasi yang salah satu fokusnya adalah inovasi Pupuk Organik Cair (POC). Inovasi ini konsisten diproduksi untuk menjadi salah satu opsi penyelesaian masalah langkanya pupuk kimia di tengah masyarakat petani.

Pengurus Comunity Development Paguyuban KSE Unimed melakukan kebersihan pada tong Pupuk Organik Cair (POC). POC merupakan sebuah inovasi dari para penerima beasiswa KSE Universitas Negeri Medan guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Pembersihan tong POC dilakukan oleh 17 orang bersama masyarakat Desa Pematang Johar. Community Development melakukan kebersihan tong dan pemanenan POC sebanyak 15L, Sabtu (12/03/23).

Community Development KSE Unimed mengikuti arahan dan bimbingan dari Yayasan Karya Salemba Empat. Mereka cukup konsisten melakukan edukasi serta memimpin masyarakat mitra di Desa Pematang Johar. Bimbingan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi sebagai solusi permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Ketua Community Development KSE Unimed mengatakan bahwa mereka dibina oleh Yayasan Karya Salemba Empat dalam keberhasilan inovasi ini.
“Inovasi Pupuk Organik Cair (POC) selain daripada membuka lapangan pekerjaan baru kepada masyarakat mitra, inovasi ini juga menjadi salah satu solusi masyarakat petani yang saat ini mengalami masalah dalam ketersediaan pupuk kimia,” jelas Horas Tampubolon selaku ketua Community Development KSE Unimed.

Signifikansi produksi POC saat ini sudah berjalan dengan sangat baik, dimulai dari izin edar yang telah terbit dan konsistensi produksi. Selain itu, POC juga sudah dilakukan uji coba ke beberapa tanaman, seperti padi dan tanaman sayuran. Produksi pupuk organik cair (POC) ini akan tetap berjalan hingga mencapai pasar dengan target yang besar.

Kru: Pangeran Siagian

Related articles

Recent articles