4.6 C
New York

Membumikan Al- Qur’an Melangitkan Perempuan

Published:

One Day One Juz (ODOJ) DPA Medan menyelenggarakan kegiatan Diskusi Publik yang mengusung tema “Membumikan Al- Qur’an Melangitkan Perempuan” Sabtu, (09/01).

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB secara virtual melalui aplikasi zoom meeting yang diikuti oleh muslimah se-Indonesia. Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan kata sambutan oleh Ketua Umum ODOJ DPA Medan Yasir Arafat serta Novia Rawati sebagai keynote speaker.

Dalam kata sambutannya, Yasir Arafat menyampaikan bahwa setiap muslimah harus mampu membuka cakrawala berpikirnya agar menjadi sebaik-baik wanita.

Diskusi publik kali ini diikuti kurang lebih 322 peserta yang masuk ke dalam ruang virtual zoom dan penyampaian materi oleh 3 orang pemateri yakni, Mahmudah, S.Ag. seorang aktivis intelektual kemudian dilanjutkan dengan Hj. Chairunnisa, S.Pd. seorang aktivis pemerhati generasi dan pemateri ketiga oleh Linda Wulandari, S.Pt. seorang aktivis pemerhati kebijakan publik.

Banyaknya peserta yang antusias dalam virtual ini membuat pemateri juga turut semangat dalam menyampaikan dakwahnya. “Adanya diskriminasi pandangan dan perlakuan laki-laki dan perempuan yang disebabkan struktur masyarakat pattriarkhi yang dibentuk oleh faktor budaya, agama dan hukum/aturan yang harus dihilangkan dan diupayakan menjadi masyarakat yang equal/egaliter.” Tutur Ibu Mahmudah.

Dilain kesempatan Ibu Chairunnisa juga menyampaikan bahwa islam sangat memuliakan wanita karena islam adalah ideologi sempurna yang berasaskan akidah dan sistem pengetahuan kehidupannya bersumber kepada akidah dan Syariat Islam yang sempurna. Ibu Linda Wulandari juga turut menyampaikan materi bagaimana konsekuensi kebijakan RUU PKS terhadap pencegahan meningkatnya kasus kekerasan pada perempuan yang terus bertambah di setiap tahunnya

Materi yang telah dipaparkan oleh pemateri kemudian didiskusikan kembali kepada peserta, lalu diberikan waktu sesi tanya-jawab untuk penjelasan lebih lanjut. Kegiatan ini pun ditutup dengan doa dan pembagian doorprize bagi para penanya terbaik.

Related articles

Recent articles