12.9 C
New York

Pengabdian Berbasis Edukasi Kesehatan Oleh Mahasiswa Permata Sakti Unimed

Published:

“Edukasi Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan dengan Masker 3-Ply dan Budaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penyebaran Covid-19” merupakan tema esensial yang diambil mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti) 2020 Universitas Negeri Medan berupa pembagian masker dan handsanitizer.

Dilansir pada Jumat, 8/01/2021, mahasiswa Permata Sakti outbond Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan tersebut di sekitar wilayah MMTC, Medan. Pengabdian ini merupakan salah satu bentuk penugasan dari program permata Sakti. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan Rianto Munthe, Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang merupakan ketua dari kegiatan ini. “Mengingat masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan masker 3-ply, sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan program pengabdian masyarakat dengan melakukan edukasi pentingnya penggunaan masker yang tepat, penggunaan handsanitizer, dan mematuhi segala protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19.” Ujar Rianto tentang inisiasi kegiatan ini.

Edukasi seputar menjaga kesehatan, cara memakai masker yang benar, cara memakai handsanitizer, menjaga jarak, dan kegiatan lainnya merupakan program acara ini. Tentu, subyeknya adalah para Pedagang, Pembeli, dan orang-orang yang berada di sekitar MMTC. “Total seluruh peserta kegiatan ini berjumlah 35 orang. Kegiatan ini diadakan dari pukul 09.30 WIB dimulai dari breafing acara, hingga kegiatan inti berupa edukasi, pembagian masker, handsanitizer, dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.”

Tujuan kegiatan ini adalah menyadarkan masyarakat tentang jenis-jenis masker agar dapat menggunakan masker yang sesuai dengan anjuran WHO yaitu masker berjenis 3 Ply, mengedukasi masyarakat tentang bahayanya virus covid-19, mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, memberi arahan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan semboyan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). “Semoga masyarakat akan semakin sadar untuk mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dan menggunakan masker yang tepat untuk menekan angka penyebaran covid-19 di kota Medan.” Tutup Rianto memaparkan harapannya.

“Kegiatam ini luar biasa. Melalui kegiatan ini mahasiswa telah melakukan aksi nyata terkait tri dharma perguruan tinggi yaitu bidang pengabdian. Tak hanya itu, melalui kegiatan ini juga saya menyadari bahwa mahasiswa perlu andil dalam mengedukasi masyarakat untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan dan memakai masker. Ini juga merupakan bentuk dukungan mahasiswa kepada pemerintah untuk gencar mensosialisasikan pemakaian masker agar masyarakat paham dan sadar betul untuk menjaga jarak, dan menjaga kesehatan agar terhindar dari virus covid-19. Sehingga Indonesia bisa segera pulih dan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19” Ucap Frandica Panjaitan, salah satu mahasiswa Pertama Sakti.

#Mahasiswa #Unimed #PersmaKreatif

Related articles

Recent articles