12.9 C
New York

Transformasi Digital dalam Pengembangan Bisnis

Published:

Revolusi industri 4.0 lewat digitalisasi di berbagai bidang dapat meningkatkan peluang bisnis. Hal ini didorong dengan perkembangan penggunaan teknologi, sehingga banyak pelaku bisnis yang sadar untuk memanfaatkan teknologi dalam proses berbisnis. Salah satunya adalah dengan melakukan transformasi digital dalam mengembangkan sebuah bisnis.

Transformasi digital merupakan proses dan strategi penerapan teknologi dalam aktivitas operasional bisnis yang mengubah cara bisnis dalam beroperasi dan melayani pelanggan, baik terkait pemasaran sampai produksi. Penerapan teknologi dalam bisnis akan mendorong perubahan perilaku masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis baru. Penggunaan teknologi dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan, mulai dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, pemasaran, penjualannya, hingga pelayanan pelanggan.

Teknologi juga akan mendukung komunikasi dan kerja sama global antara karyawan, konsumen, penjual, dan rekan bisnis yang lainnya. Selain itu, internet juga memungkinkan orang dari suatu organisasi atau lokasi yang berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan.

Salah satu bisnis yang mulai berkembang saat ini adalah Bisnis jual-beli secara online. Proses pelaksanaan bisnis yang di terapkan semakin menjanjikan di era revolusi industri 4.0. Pemanfaatan teknologi secara optimal dalam proses bisnis jual beli online terus dilakukan mulai dari promosi secara online sampai kepada sistem pembayaran yang digunakan.

Promosi yang tidak harus digembar-gemborkan serta tidak perlu menyediakan biaya operasional yang tinggi membuat bisnis jual-beli secara online semakin besar. Biasanya para pelaku bisnis menerapkan sistem online marketing dalam mempromosikan produk. online marketing telah dianggap begitu krusial sebagai bagian dari pemasaran sebuah bisnis. Visibilitas teknologi memberikan potensi yang begitu luas kepada calon konsumen sehingga sebuah bisnis akan lebih mudah memasarkan produk mereka. Apalagi, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari strategi terbaik untuk kampanye digital mereka.

Cara pembayaran yang lebih mudah pun banyak ditawarkan pada saat ini. Tidak harus selalu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Namun sistem pembayaran Cash on Delivery, virtual account hingga berbagai pembayaran lewat perusahaan fintech telah membuat bisnis jual-beli online terus berkembang. Saat ini dunia sudah memasuki suatu era dimana terjadi otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik yang mencakup sistem siber-fisik, teknologi untuk segala hal, komputasi awan, hingga komputasi kognitif.

Dengan transformasi digital, bisnis dapat bertahan dan menjadi lebih efektif dan efisien. Jika sebelumnya pemasaran dan penjualan produk dilakukan secara offline, sekarang perusahaan bisa memasarkan dan menjual produknya melalui berbagai media online yaitu media sosial dan website. Dengan media online, pemasaran akan lebih efektif karena perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta akan lebih efisien dalam hal waktu operasional dan biaya yang dikeluarkan.

Transformasi digital dalam pengembangan bisnis juga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknologi yang canggih seperti media sosial membuat konsumen bisa membeli sesuatu dengan lebih mudah, dan mendapatkan respons dengan lebih cepat dari perusahaan ketika ingin bertanya maupun mengajukan komplain. Hal ini akan menambah kredibilitas bisnis sehingga kepuasan dan loyalitas konsumen pun meningkat. Dengan pemanfaatan teknologi dalam proses bisnis maka akan membuka peluang bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

Kru : Arda Yatul Liani Pasaribu

Related articles

Recent articles