33 C
New York

Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Mental, Kreatif Talk Series-2 Angkat Tema “Mental Health, Isn’t It a Priority?”

Published:

Isu kesehatan mental memang bukan menjadi hal yang baru lagi. Namun, isu ini kerap kali masih dipandang sebelah mata, terutama di Indonesia. Menurut World Health Organization (WHO), kesehatan mental merupakan kondisi mental yang dimana tidak adanya gangguan atau kecacatan mental. Kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan kognitif, perilaku, dan kondisinya. Melihat isu yang tengah terjadi saat ini, Kreatif Talk Series-2 mengangkat tema “Mental Health, Isn’t It a Priority?” dengan mengundang pemateri Bannondaru Kartika Norma Putri., M.Psi., Psikolog.

Acara ini digelar secara daring melalui platform Zoom Meeting pada 30 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB dengan dipandu oleh Master Of Ceremony, Erisa Solin dan moderator, Dewi Susilawati. Acara yang disponsori oleh INEZ, Female in Action, dan Kahf ini dibuka dengan laporan ketua panitia, Wahyu Pradika, kata sambutan pemimpin umum, Eko Agus Herianto, kata sambutan pembina Pers Mahasiswa Kreatif Universitas Negeri Medan, Robby Irwansyah, dan kata sambutan pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd.

“Sebagai pembina UKM, kami sangat bangga dan berterima kasih atas terus bergulirnya kreativitas anggota UKM ini dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki untuk turut berpartisipasi dalam membangun generasi muda di kalangan civitas akademik, khususnya di kalangan mahasiswa UNIMED sehingga menjadi calon-calon pemikir, pemimpin, pendidik, dan pembelajar yang bebas dari berbagai gangguan mental oleh berbagai faktor,” ungkap Dr. Yasaratodo Wau, M.Pd. sebagai pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bannondaru Kartika Norma Putri., M.Psi., Psikolog yang memiliki pengalaman kerja di berbagai puskesmas di Yogyakarta dan pernah menjadi pembicara di beberapa acara seminar lainnya. Perempuan kelahiran Jayapura, 14 Mei 1995 ini mengungkapkan, “Kesehatan mental sebenarnya luas banget. Selain luas, kadang-kadang kita merasa mental health atau kesehatan mental itu penting gak sih sebenarnya?”

“Sebelum juga kita membahas apa sih kesehatan mental dan kenapa kita harus paham kesehatan mental. Kita harus tahu dulu apa itu mental distress. Nah, apa mental distress itu? Terkadang kita merasa begini, aduh mau ujian, tapi kok takut ya, gimana nanti hasilnya. Terkadang, situasi-situasi yang membuat kita tidak nyaman itu memicu kita untuk melakukan pemecahan masalah.”

Di akhir materi, Bannondaru Kartika Norma Putri mengungkapkan, “Makanya banyak banget sebenarnya manfaat menjaga kesehatan mental itu. Manfaatnya itu banyak, sosialisasi kita lebih bagus, terus juga kita bisa menyebarkan hal-hal positif ke orang lain, kita bisa menyayangi orang lain, kita bisa menghargai orang lain.”

Sebelum acara diakhiri, Kreatif Talk Series-2 mengadakan games berhadiah untuk para peserta agar dapat lebih bersemangat mengikuti kegiatan. Kreatif Talk Series merupakan rangkaian acara webinar yang diadakan oleh Pers Mahasiswa Kreatif Unimed setelah Kreatif Talk Series-1 sebelumnya mengangkat tema GENZ BERIVENTASI : Saatnya berinovasi dengan Prestasi.

Kru : Cinta Maulida Azbi, Rahel Sitinjak

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles