13.1 C
New York

Talkshow Millenials Ajak Peserta Lakukan Refleksi Diri dan Berkarakter Positif

Published:

Medan, Persma Kreatif— SMK Negeri 4 Medan bersama Sanggar Sastra Edukasi mengadakan Talkshow Millenials. Talkshow tersebut bertajuk “Membangun Karakter Handal, Memperbaiki Moral Generasi Milenial” dengan mengundang salah satu alumni mahasiswa Unimed, Lili Sartika yang merupakan Duta Pendidikan 2022. Kegiatan ini diinisiasi oleh Duta Siswa Sumut yang merupakan pelajar di SMK Negeri 4 Medan dan Ahmad Syahdaniyang juga merupakan Duta Siswa Sumut 2022, Rabu (16/11). 

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai refleksi diri bagi kaum muda mengenai betapa pentingnya menjadi insan berkarakter kuat dan positif guna menghindari tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. 

Materi yang disampaikan pemateri kedua bertajuk “Membangkitkan kesadaran generasi bangsa terhadap urgensi nilai karakter.” Materi ini berisi konsep dasar karakter yang merupakan sifat atau ciri khas seseorang. Pemahaman nilai-nilai karakter yang harus melekat pada diri anak bangsa seperti relegius, integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong royong, serta tips berkarakter positif dengan olah hati, olah literasi, olah rasa dan olah raga yang baik dan benar. Dalam penyampaian materi, juga disajikan penyimpangan yang dilakukan oleh pelajar seperti tindakan perundungan, tawuran, menyontek, pergaulan bebas dan sebagainya yang sepatutnya dihindari. Lingkungan yang positif menjadi faktor pendorong seseorang berkarakter positif pula. 

Harapannya, melalui kegiatan ini peserta dapat mengubah mindset dan meningkatkan kualitas dirinya. Tawuran, bully, pergaulan bebas, dan tindakan negatif lainnya akan membawa kesengsaraan dan mengakibatkan pemuda kehilangan masa depannya. Sangat diperlukan kegiatan positif seperti ini secara masif dilakukan di setiap sekolah. Perubahan tidak akan pernah terjadi, apabila seseorang tidak memulainya. “By failing to prepare, Youre prepare to fail.”

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles