21.8 C
New York

Mengulas Permasalahan dan Solusi Selama Pembelajaran Daring dalam Webinar Motivasi Belajar

Published:

Medan, Persma Kreatif — Online Learning? No Problem! merupakan slogan dalam acara webinar yang bertajuk “Motivasi Belajar” dengan tema “Memotivasi Belajar Peserta Didik selama Belajar Daring.” Adapun acara diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Meeting dengan menghadirkan Prof. Dr. Sri Milfayetty., M.S.Kons.S.Psi selaku dosen pengampu Psikologi Pendidikan di Universitas Negeri Medan pada Selasa, (7/06).

Webinar diawali dengan pembacaan tata tertib dan rangkaian acara oleh pemandu acara, Indri Mu’Awiyah. Kemudian, pemberian kata sambutan oleh Fadlin Aryasatya selaku ketua panitia dan Prof. Dr. Sri Milfayetty., M.S.Kons.S.Psi selaku dosen pengampu mata kuliah Psikologi Pendidikan. 

Fadlin Aryasatya dalam kata sambutannya mengungkapkan harapan agar kegiatan webinar dapat memberikan ilmu pengetahuan dan memerluas wawasan para peserta. 

“Webinar ini akan membahas mengenai permasalahan dan solusi serta tips membangun motivasi peserta didik. Harapannya, para peserta webinar dapat memetik ilmu sebanyak mungkin dan dapat memperluas pengetahuan akan memotivasi peserta didik terutama bagi kita calon guru di masa depan,” ungkap Fadlin.

Selanjutnya, kata sambutan diberikan oleh Prof. Dr. Sri Milfayetty., M.S.Kons.S.Psi, “Ini merupakan bagian dari enam tugas yaitu projek yang dibuat oleh masing-masing kelas yang sifatnya performance. Dari kegiatan ini, kita dapat belajar memperoleh ilmu dan pengalaman serta perasaan bangga dalam melakukan kegiatan ini. Saya sebagai dosen melihat dengan adanya acara ini telah memberikan bekal kepada setiap mahasiswa sebagai calon guru nantinya.” 

Dalam webinar kali ini, acara inti dibagi kedalam tiga sesi di mana setiap sesi akan ditutup dengan sesi tanya jawab. Pada sesi pertama dibawakan oleh kelas PTIK A 2021, sesi kedua oleh kelas  Biology Education Study Program (BESP) 2021 dan terakhir oleh kelas Mathematics Education Study Program (MESP) 2021.

 Sesi pertama dibuka dengan pemaparan materi yang berjudul Pemanfaatan Budaya Lokal untuk Memotivasi Belajar Peserta Didik oleh Kelompok 2 PTIK A 2021. Adapun judul ini didasari karena pembelajaran berbasis budaya yang mulai ditinggalkan, terutama dalam pembelajaran daring. Kelompok 2 menawarkan solusi Kesenian dan Bahasa Daerah yang dapat digunakan dalam memotivasi siswa karena dapat mendorong peserta didik untuk lebih imajinatif, berfikir kreatif dan sadar budaya.

Pemaparan materi kedua yang berjudul ‘Tantangan dan Hambatan Belajar pada Masa Pandemi oleh Kelompok 1 PTIK A 2021.’ Kelompok 1 menawarkan pemanfaatan media Zoom Meeting sebagai sarana dalam melaksanakan pembelajaran dengan gaya berbeda yaitu melalui kegiatan mini webinar.

Selanjutnya pada sesi kedua, pemaparan materi pertama dibawakan oleh kelompok 3 Biology Education Study Program (BESP) 2021 dengan judul ‘Peran Efikasi Diri dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa.’ Kelompok 3 mengungkapkan bahwa seseorang yang mempunyai self efficacy yang tinggi akan lebih memiliki motivasi belajar tinggi. Ia tidak akan mudah menyerah dan bertahan apabila menemui kesulitan-kesulitan.

Pemaparan materi selanjutnya dibawakan oleh kelompok 1 Biology Education Study Program (BESP) 2021 dengan judul ‘Pentingnya Motivasi dalam Mengubah Kebiasaan Buruk.’ Kelompok 1 memberikan solusi berupa video kreatif berupa kebiasaan buruk dan dampak buruknya. Video edukasi tersebut menampilkan semua kebiasaan buruk serta dampakanya. 

Untuk sesi ketiga dibuka dengan pemaparan materi oleh kelompok 1 Mathematics Education Study Program (MESP) 2021 mengenai What’s Wrong With Online Learning? Pembelajaran daring yang berlangsung cukup lama menimbulkan kebosanan bagi banyak siswa, kendala terbesar lainnya adalah sulit memahami instruksi yang berikan oleh guru. Oleh karena itu, guru dapat menggunkan model pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction).

Selanjutnya pemaparan materi oleh kelompok 3 Mathematics Education Study Program (MESP) 2021 dengan judul ‘Peningkatan Strategi dan Motivasi Belajar dengan Media Pembelajaran WordWall.’ WordWall merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat kuis, acak kata, pencarian kata dan pengelompokannya. WordWall dapat dibagikan secara daring maupun diunduh dan dicetak dengan kertas. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab pada sesi ketiga, lalu kuis dan diakhiri dengan kata penutup dari pemandu acara.

Kru: Tantri Sihite

Related articles

Recent articles