15.3 C
New York

Pagelaran Seni Tradisional Mahasiswa PGSD : Semarak Budaya Tari Nusantara

Published:

Medan, Persma Kreatif – Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan menyelenggarakan  Pagelaran Tari Tradisional dengan tajuk “Semarak Budaya Tari Nusantara”. Acara dilaksanakan selama 6 hari, pada tanggal 6 Juni -13 Juni di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan. Senin (6/6/22).

Acara dibuka langsung oleh Ibu Kamtini,S.Pd.,M.Pd. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Pendidikan, Bapak Dr. Irsan,M.Pd.,M.Si. selaku Kepala Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dasar dan dilanjutkan Yusron Abda’u Ansya selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan pagelaran seni ini diikuti sebanyak  826 mahasiswa yang terbagi menjadi 124 kelompok.

Dr.Irsan M.Pd,M.Si. selaku Kepala Jurusan Pendidikan Pra Sekolah Dasar dalam sambutan menyampaikan bahwa  sebagai mahasiswa dan calon guru sudah menjadi kewajiban untuk tetap melestarikan kebudayaan bangsa, salah satunya tari sebagai nilai keunggulan di Indonesia. Kreatifitas dalam tari juga harus dikembangkan sebagai bekal mahasiswa untuk menjadi seorang pendidik dan juga tari bisa menjadi metode pembelajaran. Pembelajaran seni adalah pembelajaran yang sangat banyak diminati oleh siswa, karena dengan seni peserta didik mempunyai wadah untuk mengembangakan dirinya dengan model pembelajaran yang menyenangkan dan menggembirakan. Pembelajaran dengan seni itu menuntut kreatifitas seorang guru dan lebih menghidupkan proses menjemput pengetahuan.

“Pagelaran Seni Tradisional ini menampilkan berbagai jenis suku dan beberapa tari kreasi yang dikombinasikan dari beberapa tarian dan diharapkan dengan digelarnya pagelaran ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menggali kreatifitasnya dengan hal yang positif” ucap Yusron 

Acara ini merupakan tugas dari mata kuliah Pendidikan Seni Tari dan diharapkan dengan Pageralan Seni Tari ini mahasiswa Universitas Negeri Medan khususnya Prodi PGSD lebih mencitai kebudayaan lokal dan bisa mengekspresikan jati dirinya.

Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada  para panitia dan seluruh mahasiswa yang turut menyukseskan acara ini. Tutup Ka. Prodi PGSD

Kru : Lidya Wulandari 

Related articles

Recent articles