asd
25.9 C
New York

Dewan Pers Ajak Pers Mahasiswa Hasilkan Jurnalisme Berkualitas dalam Menyambut HPN 2023

Published:

Medan, Persma Kreatif- Dewan pers menyelenggarakan kuliah umum “Mahasiswa dan Masa Depan Jurnalisme Berkualitas”, talk show “Kemerdekaan Pers, Jurnalisme Warga, dan Peran Media Sosial” serta coaching clinic yang dihadiri oleh para anggota Pers Mahasiswa Se-Medan di Aula Universitas Medan Area (UMA) pukul 09.00-17.00 WIB, (Senin, 06/02/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program “Dewan Pers Goes to Campus” dalam rangka mendukung upaya penguatan jurnalisme berkualitas dan menyemai nilai-nilai kemerdekaan pers serta demokrasi sekaligus menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan sambutan ketua Pers diwakilkan oleh Asmono Wikan, Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi Dewan Pers. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc., Rektor Universitas Medan Area.

Kuliah umum oleh Prof Bagir Mana memaparkan bahwa setiap jurnalis intelektual harus mengedepankan sikap hati nurani/ batin. Lebih lanjut dalam talk show oleh beberapa narasumber seperti Dr. Efiati Juliana Hasibuan, M.Si selaku Dekan FISIP- Universitas Medan Area; Rianto Aghyl selaku Sekretaris SPS Sumut, dan Gina Febriona selaku Pegiat Media Sosial. Mereka menyampaikan bahwa cara merespon dunia digital yang kini telah menjadi kehidupan sehari- hari, mahasiswa harus memiliki literasi digital yang baik untuk terlibat dalam lingkungan sosial.

Dalam sesi selanjutnya, Coaching clinic, dijelaskan bahwa bahwa terdapat 6 isu pers mahasiswa dimulai dari organisasi, personalia, manajemen, pasar, tantangan kreativitas, hingga digitalisasi yang tidak boleh menjadi penghambat. Lembaga Pers Mahasiswa mampu mendayagunakan secara penuh platform digital yang tersedia, meliterasi gaya hidup digital di kalangan mahasiswa serta menjadi “Clearing House” dari informasi yang hoax sesuai prinsip dasar dan etika jurnalisme yang tepat.
Kru: Eunike Manurung

kru : Eunike Manurung

Related articles

Recent articles