13.1 C
New York

KOTANAMI: Inovasi Tanaman Hias Kokedama Karya Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Published:

KOTANAMI (Kokedama Tanaman Hias Kami) merupakan produk tanaman hias yang dibuat dengan teknik penanaman ala Jepang, yaitu kokedama diinovasikan dengan balutan sabut kelapa sebagai media tanam dan dibalut dengan apik menggunakan rotan sintetis. Mengedepankan nilai seni yang tinggi produk tanaman hias dengan jargon “Find Your Beautiful Plant” ini lahir kembali menjadi produk usaha pasca Pandemi Covid-19. Kotanami berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Universitas Negeri Medan dalam ajang bergengsi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Awards 2022 yang diselenggarakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur pada 22-25 November tahun lalu.

Sejarah berdirinya Kotanami (@kotanami.id) dimulai dari Event Business Plan Competition (BPC) Universitas Negeri Medan pada tahun 2020. Kata Kotanami sendiri berasal dari  kata “kau tanami” yang berarti ajakan untuk menanam tumbuhan. Mendapatkan bantuan dana awal untuk merintis usaha sebesar Rp. 3.000.000 dan melakukan monitoring dalam keberlanjutaan usaha kurang lebih selama 3 bulan. Seiring berjalannya waktu, terjadi pasang surut pada usaha kotanami. Memasuki awal tahun 2021, Kotanami tidak terhandle secara baik sehingga berhenti beberapa saat. Memasuki tahun 2021 akhir, kotanami dihidupkan kembali dengan formasi tim yang berbeda dari tim sebelumnya.

Adapun formasi tim yang baru ialah Bismi Amrina selaku CEO (Chief Executive Officer) dari Pendidikan Biologi Bilingual 2019, Ali Ahmatul Umri Hasibuan selaku CMO (Chief Marketing Officer) dari Pendidikan IPA Bilingual 2021 , Sitta Amalia selaku CFO (Chief Financial Officer) dari Pendidikan Ekonomi 2020 dan Syifa Khairunnisadari selaku CTO (Chief Technology Officer) dari Pendidikan Fisika Bilingual 2019 .

Kotanami kembali merintis usaha dengan mendaftarkan Kotanami pada seleksi P2MW yang pada akhirnya berhasil mendapatkan bantuan dana usaha sebesar Rp. 15.000.000 dengan  mengusung tema “Zero Waste” tim berusaha untuk memanfaatkan limbah organik serabut kelapa dan sekam padi menjadi bahan dalam pembuatan produk Kotanami. Selain itu, berdirinya usaha ini juga melatarbelakangi tujuan mulia (noble purpose) untuk memberdayakan masyarakat sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan dan mampu menjadi produk edukasi bagi pelajar dan pemuda dalam menerapkan kreativitas dalam bidang tanaman.

Kotanami hadir dengan 10 varian tanaman yang terdiri dari Epipremnum aureum, Philodendron, Chlorophytum comosum, Cactaceae, Ficus pumila, Monstera, Adansonii, Bromeliaceae, Crassula ovate, Asparagus officinalis dan Sansevieria. Selain itu, kotanami juga menyediakan paket sewa dan paket edukasi. Paket sewa kotanami diperuntukkan bagi konsumen yang ingin memiliki tanaman hias untuk jangka waktu yang singkat. Paket edukasi diperuntukkan bagi konsumen khususnya pelajar yang ingin belajar membuat kokedama. Terdapat juga produk lain dari Kotanami yaitu tanaman Sukulen dalam pot mini yang tidak kalah cantik dari kokedama lainnya.

Kru: Ali Ahmatul Umri Hasibuan

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles