15.3 C
New York

Kode Etik Jurnalistik Bersama Kak Elsa

Published:

Sabtu (20/3) Pukul 10.00 WIB, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Ke-Enam telah berhasil dilaksanakan dengan materi Kejurnalistikan II yang dibawakan oleh Kak Elsa Fanny Luluk. Kak Elsa sendiri merupakan alumni Persma Kreatif UNIMED yang kini berprofesi sebagai Reporter di salah satu saluran televisi Indonesia yaitu DAAI TV dengan pengalaman yang banyak seperti wartawan kampus, ilustrator dan editor. 

Seperti minggu sebelumnya, PJTD ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom yang dihadiri hampir 40an lebih peserta CKB (Calon Kru Baru) Persma Kreatif 33. 

Pada materi Kejurnalistikan II yang dibawakan oleh Kak Elsa membahas tentang kode etik jurnalistik. Kode etik jurnalistik sendiri merupakan dasar yang penting untuk diketahui dan dipahami agar menjadi seorang reporter yang sebenarnya. Ada 11 Pasal kode etik jurnalistik yang dibahas pada saat PJTD tadi dimana hal itu harus diingat dan dilaksanakan sebagai perwujudan dari tanggung jawab yang diambil sebagai seorang reporter. Pemateri pun lebih lanjut mengingatkan dan menjelaskan dengan tegas bahwa Kode Etik Jurnalistik merupakan aturan yang wajib dipatuhi oleh seluruh wartawan tanpa terkecuali. Hal ini memberikan pandangan bahwasanya, kode etik benar-benar sesuatu yang harus diikuti dan dilaksanakan sebaik mungkin. 

Sangat diharapkan sekali bahwa siapa pun yang terjun ke dunia jurnalistik mengerti dan tau akan hal ini. Sebagai penutup dari acara PJTD tadi pagi, kak Elsa memberikan pesan kepada para CKB 33 sekalian yaitu “Yang malas selamanya akan kalah dengan yang tidak pintar.” Ini menandakan bahwa meskipun dirimu pintar namun malas, tetap saja kelak akan dikalahkan dengan orang yang tidak pintar namun rajin dan mau dalam hal belajar. 

Untuk CKB 33, tetap semangat dalam berproses di bidang Kejurnalistikan ini bersama Kreatif ya!

Kru: Zelviona

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles