23.7 C
New York

Materi Artikel dan Opini oleh Abangda Dani Sukma Agus Setiawan

Published:

Minggu (21/3) Pukul 14.00 WIB, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Ke-Tujuh telah berhasil dilaksanakan dengan materi Artikel dan Opini oleh Abangda Dani Sukma Agus Setiawan yang merupakan seorang alumni Persma Kreatif Unimed. Beliau dulunya adalah Staf Litbang di Persma Kreatif dan kini berprofesi sebagai Dosen dan Writerpreneur. Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ini dilaksanakan secara Online melalui aplikasi Zoom yang dihadiri oleh 30  peserta CKB (Calon Kru Baru) Persma Kreatif 33 Unimed.

Pada materi Artikel dan Opini yang dibawakan oleh Abangda Dani sendiri beliau menjelaskan dengan jelas mengenai apa itu artikel dan apa itu opini serta apa perbedaan dari keduanya. Pemateri pun membahas lebih lanjut mengenai dunia ke penulisan dan bagaimana cara mengirimkan hasil karya yang telah kita buat ke media massa. Di tengah-tengah materi yang beliau berikan ada sebaris kalimat yang beliau ingin kita terus ingat jika akan memulai menulis “Janganlah pikirkan apa yang ingin kamu tulis, tapi tulislah apa yang kamu pikirkan.” Dengan berpikir seperti itu kamu tidak akan kesulitan untuk menulis apa yang kamu inginkan karena mulai saja tulis sesuatu dari yang kamu pikirkan pada saat tersebut.

Pemateri juga berkata bahwa menulis jangan hanya dijadikan hobi saja. Karena dari karya tulis yang kita hasilkan bisa mendapatkan uang jikalau karya itu sendiri diterima oleh media massa untuk naik cetak. Maka perlulah kita mulai dari sekarang agar mencoba untuk mulai berani mengirimkan hasil karya yang kita buat ke media cetak tersebut baik itu offline ataupun online.

Lebih lanjut sebagai penutup dari acara PJTD siang itu, beliau juga berpesan kepada para CKB agar dapat menjadi seorang jurnalis Kreatif dengan kerja/kreativitas yang menjadi penyangga dan penjaga menara api pendidikan.

Kru: Zelviona

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles