23 C
New York

HMJ Basastrasia Ajak Anak-anak Berekspresi dan Berkreasi melalui HMJ Mengajar

Published:

Medan, Persma Kreatif– Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMJ Basastrasia) UNIMED mengadakan kegiatan HMJ Mengajar yang bertujuan sebagai wadah anak-anak untuk berekspresi dan berkreasi pada Sabtu, (4/02/23) di Rumah Kreatif Tambak Bayan Dusun XVII Tambak Bayan, Desa Saentis.

Rumah Kreatif Tambak Bayan didirikan sebagai tempat untuk melepaskan kecanduan gadget pada anak-anak dan membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan. Acara dimulai dengan penyampaian kata sambutan oleh Ewilda, salah satu Pendiri Rumah Kreatif Tambak Bayan. Beliau mengatakan, “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, semoga dapat memberikan dampak positif dan meninggalkan pengalaman yang asyik dan seru kepada anak-anak yang ada di Rumah Kreatif Tambak Bayan,” Jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan oleh para anggota HMJ Basastrasia dengan memperkenalkan diri kepada anak-anak yang hadir dan dilanjutkan dengan menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. Ketua Panitia Fania Nurtriana berharap kegiatan ini dapat berdampak baik bagi anak-anak, baik dari segi pembelajaran, berani berekspresi, hingga mengasah kemampuan kreatifitas.

“Saya berharap kegiatan HMJ Mengajar ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kepedulian sosial terhadap pendidikan anak-anak di sekitarnya dengan menerapkan pembelajaran kreatif dan menyenangkan bagi mereka. Selain itu, kegiatan ini dapat melatih kebebasan berekspresi dan meningkatkan kreatifitas anak-anak dengan menulis dan membuat kerajinan tangan. Sebab, kegiatan ini secara bertahap akan mengajarkan mereka bagaimana menuangkan pengalaman sehari-hari (yang mereka rasakan) ke dalam bentuk cerpen dan puisi serta melatih kemampuan berpikir kreatif mereka menjadi sebuah seni karya,” tutur Fania.

Kegiatan HMJ Mengajar ini nantinya akan dilakukan selama 4 kali pertemuan yaitu pada tanggal 4,11,18 dan 25 Februari. Antusiasme anak-anak sangat terlihat dan ikut larut pada kegiatan yang diadakan. Ditambah dengan bermain games dan bernyanyi bersama membuat kegembiraan di wajah mereka tergambar dengan jelas.

Pada pertemuan pertama ini, kegiatan yang dilakukan hanya mencakup perkenalan dan bermain saja. Namun untuk pertemuan selanjutnya akan dilakukan beberapa kegiatan, seperti sambung kalimat, belajar mengenal huruf, menulis cerpen dan masih banyak lagi.

Kru: Siti Maysarah

Related articles

Recent articles