asd
28.7 C
New York

Laksanakan UMAS, UKMI Ar-Rahman UNIMED Ajak Peserta Mengabdi di Desa Rantau Panjang

Published:

Medan, Persma Kreatif – Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Rahman Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa UMAS (UKMI Bermasyarakat) pada tanggal 30 – 31 Januari 2023 di Desa Rantau Panjang, Dusun 1, Kec. Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

UMAS kali ini mengusung tema “Mengoptimalisasikan Peran Pemuda/Pemudi dalam Mengabdi dan Mendidekasikan Diri untuk Masyarakat Desa.” Acara ini diikuti oleh kader UKMI Ar-Rahman UNIMED dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

UKMI Bermasyarakat sendiri dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dengan rangkaian acara yang cukup padat. Pada hari pertama dilaksanakan kegiatan bersih-bersih musholla dan posyandu yang berada di sekitaran daerah pengabdian. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan perpustakaan mini. Perpustakaan mini adalah suatu kegiatan membaca bersama anak-anak sekitar dusun dengan tujuan meningkatkan minat literasi pada anak-anak tersebut.

Pada hari kedua, dilakukan kegiatan seminar bagi ibu-ibu yang berada di sekitar dusun. Mengusung tema “Wanita Tangguh Berproduktif’’, Alween Ong selaku pemateri memberikan penguatan kepada para ibu rumah tangga agar menjadi wanita mandiri, tangguh, kreatif dan produktif.  Kegiatan berlajut pada siang hari, dimana diadakan sosialisasi kepemudaan yang dibawakan oleh Ilham Ruser, S.Pd. Sosialisasi ini diikuti puluhan pemuda yang ada di sekitar dusun.

Ardiansyah Tanjung selaku Ketua Umum UKMI Ar-Rahman UNIMED periode 2022-2023 yang ditemui di lokasi kegiatan menyampaikan harapan setelah pelaksanaan acara ini. “Harapannya masyarakat dapat merasakan kebermanfaatan dari berbagai rangkaian acara yang telah dilaksanakan. Untuk para peserta juga diharapkan dapat mengambil peran dalam masyarakat sehingga tidak terbatas pada civitas akademik saja”. Beliau juga menyampaikan bahwa UMAS merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh UKMI Ar-Rahman UNIMED sejak 3 tahun belakangan.

Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan pengabdian, Perwakilan UKMI Ar-Rahman menyampaikan rasa terima kasih atas kemurahan hati masyarakat Desa Rantau Panjang Dusun 1 yang telah menerima para peserta UMAS dengan sangat baik. Pada kesempatan tersebut perwakilan UKMI Ar-Rahman juga memberikan bingkisan sebagai tanda penghargaan dan kenang-kenangan. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat bukan hanya bagi masyarakat Desa Rantau Panjang Dusun 1, tetapi juga bagi para peserta.

Kru : Ali Ahmatul

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles