asd
24.5 C
New York

Asah Kemampuan Komunikasi, HMJ PENMAS UNIMED Gelar Workshop Public Speaking

Published:

Persma Kreatif–HMJ Pendidikan Masyarakat FIP Unimed menggelar Workshop Public Speaking dengan tema “mengasah kemampuan berkomunikasi” yang digelar melalui virtual zoom pada Jum’at, (14/7). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, dosen dan khalayak umum. Dengan mengundang narasumber Eko Haryanto, S.Pd. PC® ,MOS. dari Humas Universitas Negeri Medan.

Kajur Penmas Unimed, Silvi Mariah Handayani, M.Pd., Ph.D. mengatakan Kemampuan Public Speaking sangat penting, terkhusus bagi mahasiswa dan calon pendidik. Workshop ini dilaksanakan guna memberikan keterampilan bagi mahasiswa dan dosen untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam bidang komunikasi. Kami juga mengucapkan kepada narasumber yang telah bersedia berbagi pengalaman dan pembelajarannya. Semoga ilmu yang disampaikan dapat berguna dan diaplikasikan ke dalam perkuliahan dan kehidupan sehari-hari.

Dalam paparannya, Eko menyampaikan “Belajar public speaking tidak hanya cukup dipahami melalui teori, yang lebih penting sering dilatih dan berani tampil di depan umum. Seni berbicara didepan umum itu bisa dipelajari dengan latihan dan pengalaman. Memang tidak mudah bagi seseorang langsung bisa menguasai panggung/audiens, harus sering diasah kemampuannya.”

Ketua IKAPLUSDIKMAS juga mengatakan “Demam panggung itu adalah hal yang biasa, jangan takut salah karena agar bisa terampil tidak cukup dengan sekali atau dua kali tampil, dibutuhkan jam terbang bagi kita untuk bisa menjadi public speaker yang andal. Kita harus menguasai materi dengan memperbanyak literasi, wawasan yang luas dan pengalaman dalam menghadapi orang banyak. Pembicaraan yang efektif disampaikan dengan singkat, padat dan memikat. Agar dapat dinikmati, alur pembicaraan harus runtut dan mengalir, sehingga orang lain menikmati pembicaraan kita,” tutupnya.

Related articles

Recent articles