12.9 C
New York

WEBINAR GIZI NASIONAL 2022 : Peran Ahli Gizi Dalam Pencapaian Mutu Pelayanan Gizi di Rumah Sakit dan Industri Usaha Gizi

Published:

Medan, Persma Kreatif – Mahasiswa/i Fakultas Teknik Program Studi Gizi Universitas Negeri Medan menggelar acara dengan tajuk “Webinar Gizi Nasional” sebagai bentuk pencerminan dari tajuk yang digagas, “Peran Ahli Gizi Dalam Pencapaian Mutu Pelayanan Gizi di Rumah Sakit dan Industri Usaha Gizi”. Acara dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan di kanal YouTube Gizi Unimed Official. Sabtu (04/06/22).

Acara ini dihadiri oleh Bapak Dr. Zulkifli Matondang, M.Si. selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik, Ibu Dr. Esi Emilia, M.Si. selaku Ketua Program Studi Gizi dan sebanyak 531 peserta dari berbagai instansi yang antusias mengikuti webinar. Webinar ini menghadirkan dua narasumber yang sangat memotivasi dan ahli di bidang gizi yaitu Ari Wijayanti, DCN, MPH, RD selaku Kepala Instalasi Gizi dan Produksi Makanan di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo dan Achmad Forest Khan, S.Gz., RD, CGMP, CPT, CEO of CV. selaku Gizi Sejahtera Bersama. 

Acara diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ibu Dr. Esi Emilia, M.Si selaku Kaprodi Gizi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Prodi Gizi tiap tahunnya dan sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah seminar. 

Acara dimulai secara resmi oleh Bapak Dr. Zulkifli Matondang, M.Si selaku Wakil Dekan I dengan harapan kegiatan webinar ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi semua hadirin. Lebih lanjut, beliau juga tak luput mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas kerja keras dan semangat untuk mengadakan webinar ini. 

Acara ini dilanjutkan dengan pemberian dan penyerahan sertifikat kepada kedua pemateri yang diwakilkan langsung oleh Wakil Dekan I. Selanjutnya memasuki bagian inti acara yaitu pemaparan materi dari dua narasumber. Ari Wijayanti, DCN, MPH, RD sebagai narasumber pertama menyampaikan materi mengenai Peran Ahli Gizi dalam Pencapaian Mutu Pelayanan Gizi di Rumah Sakit. “Gizi yang bermutu, memenuhi 3 komponen, diantarnya pengawasan dan pengendalian mutu untuk menjamin bahwa produk yang dihasilkan aman, kedua menjamin kepuasan konsumen dan asesmen yang berkualitas” kata beliau dalam pemaparannya. 

Achmad Forest Khan, S.Gz., RD, CGMP, CPT, CEO of CV. sebagai narasumber kedua, membawakan materi tentang Quality Control at Food and Nutrition Industries. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan tantangan dan peluang menjadi seorang tenaga gizi, di mana salah satunya tenaga gizi memiliki hak yang dilindungi menurut Undang-Undang dan PERMENKES. Lebih lanjut, beliau menyampaikan mengenai inovasi bisnis dalam dunia gizi. Menutup pemaparannya, beliau menyisipkan pesan kepada seluruh peserta “untuk menjadi orang yang didengar, setidaknya ada 3 cara : Orang dengan jabatan tinggi, orang dengan pendidikan tinggi dan orang terkenal”.

Setelah pemaparan materi, moderator memandu peserta untuk melakukan sesi tanya jawab antara narasumber dengan penanya. Kegiatan webinar ini juga semakin menarik karena diadakannya kuis berhadiah dan memberi kesempatan kepada setiap peserta untuk berpartisipasi. 

Di penghujung acara, MC mengucapkan terima kasih atas partisipasi peserta dari seluruh instansi yang hadir dan turut memeriahkan “Webinar Nasional Gizi”tahun 2022, dengan harapan akan bertemu lagi di webinar gizi tahun berikutnya. 

Kru : Rahel Sitinjak

Related articles

Recent articles