asd
32.3 C
New York

Unimed Bersatu untuk Kota Duri

Published:

Mahasiswa Unimed bersatu menyelenggarakan kegiatan sosial untuk Kota Duri, Provinsi Riau. Kegiatan ini dinamai dengan “Gerakan Seribu Masker untuk Kota Duri”. KKN yang dilaksanakan di domisilinya masing-masing menjadi kesempatan untuk Mahasiswa Unimed yang berdomisili di Kota Duri untuk menyampaikan kepedulian terhadap warga Duri di masa Pandemi Covid-19.

“Saya pernah mendengar bahwa ada warga Duri yang tidak tahu Universitas Negeri Medan, jadi saya berpikir program apa yang mungkin bisa mengabarkan bahwa kami ini anak Unimed. Walaupun yang kita tahu Unimed berada di Provinsi Sumatera Utara. Jarang-jarang lokasi KKN unimed di Provinsi Riau, ini karena pandemi saat ini. Dari sini, tentunya ada kesempatan untuk bersatunya Mahasiswa Unimed yang mampu mengenalkan kepada warga Duri lewat KKN melalui programnya, program yang sangat sederhana namun menjadi kebutuhan bagi masyarakat Duri. Hingga terlaksanalah program berbagi masker ini, karena Provinsi Riau merupakan salah satu Provinsi yang memiliki tingkat terdampak Covid-19 yang cukup tinggi, termasuk Kota Duri. Masyarakatnya pun masih banyak ditemui tidak memakai masker atau tidak taat prokes”, ujar Aldy wahyu putra selaku Ketua Pelaksana.

Kegiatan ini berlangsung di tiga titik di wilayah kota Duri, tentunya titik lokasi berbagi masker berada di wilayah yang terdampak Covid-19 cukup tinggi. Kegiatan ini berlangsung di lampu-lampu merah supaya tidak mengundang kerumunan masa.

Menariknya, ada kegiatan pra acara yaitu aksi sosial berupa penggalangan dana yang dilakukan melalui kegiatan ngamen, hal ini karena keterbatasan masing-masing Mahasiswa. Tentunya yang mengikuti program bagi masker untuk turun ke jalan yaitu Mahasiswa yang memungkinkan dalam hal kondisi kesehatannya. Sebelum maupun sesudah kegiatan, dipastikan Mahasiswa yang turun ke jalan sudah menggunakan hand sanitizer, tidak lupa juga selalu menggunakan masker disarankan dua lapis.

“Kegiatan ini memang masih sangat sederhana, namun diharapkan dengan adanya kegiatan ini menjadi contoh dan motivasi untuk teman-teman yang lain, Siapa tahu ada yang ingin melanjutkan kegiatan seperti ini untuk mengembangkan sifat kepedulian, menjaga diri, dan selalu mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan”, harapan Ketua Pelaksana kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan juga karena kesadaran Mahasiswa sebagai agen perubahan. Target perubahan yang di harapkan oleh Mahasiswa yang menyelenggarakan kegiatan sosial ini adalah agar masyarakat lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Mahasiswa KKN juga merasakan sebuah kehangatan karena melihat jempol yang ditunjukkan kepada mereka ketika sedang melaksanakan kegiatan tersebut.

Jadi, tujuan dari kegiatan ini agar secara nama Universitas dikenal oleh masyarakat dengan kekompakannya, peduli dan bahwa kita bisa mengatasi pandemi secara bersama-sama. Menjadi sebuah motivasi dan pengingat agar lebih berhati-hati.

Related articles

Recent articles