29.9 C
New York

SI KELAT HOLAT, PRIMADONA TAPANULI SELATAN

Published:

Sumber Foto: https://steemit.com/food/@kakilasak/holat-citarasa-masakan-raja-mandailing-silampung-culinary

Indonesia terkenal akan jenis kuliner yang beranekaragam. Hampir setiap daerah memiliki jenis makanan dengan ciri khasnya masing-masing dengan rasa dan aroma yang menggugah selera. Salah satunya yaitu daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara yang mempunya makanan khas yang cukup unik, yakni Holat.

Holat merupakan kuliner berupa ikan bakar yang disajikan bersama kuah. Yang unik dari Holat ini ialah rasa gurihnya sangat terasa, apalagi karena ada bumbu utamanya. Pembuatan Holat menggunakan bahan-bahan khas yang ada di Sumatra Utara, antara lain, kulit kayu tanaman balakka yang biasanya hanya terdapat di hutan kawasan Tapanuli Selatan dan ikan yang digunakan biasanya ikan mas atau ikan jurung, Ikan tersebut adalah jenis ikan endemis yang rasanya manis dan biasanya dapat ditemukan di sungai-sungai di Padang Bolak. Konon katanya Holat merupakan makanan yang dibuat secara khusus bagi para raja di Tapanuli Selatan.

Kata Holat sendiri mempunyai arti kelat, kelat ini diambil dari rasa yang ada di dalam bumbu utama untuk kuah siraman, yang dicampur potongan pakkat atau tunas rotan yang memang kelat. Pakkat yang digunakan adalah umbut rotan yang masih sangat muda dan rasanya agak pahit.

Sungguh banyak manfaat yang didapat dari 1 porsi Holat. Rasa kelat pada kuah Holat membuat penikmatnya ketagihan, bahkan diyakini mampu menambah nafsu makan. Sayangnya makanan ini kurang dikelola secara professional, andai saja makanan ini bisa dikelola dengan baik, tentu saja makanan unik ini mampu bersaing dengan makanan lain yang sudah mempunyai nama, baik lokal maupun internasional. Dan pastinya makanan ini bisa mendunia.

Kru : Fatimah Zuhro
Ilustrator : Adinda

Related articles

Recent articles