16.8 C
New York

HMJ PPKn Mengabdi : Optimalisasi Program Pendidikan dan Pemberdayaan Lingkungan Baktiku untuk Masyarakat Pesisir

Published:

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HMJ PPKn) UNIMED melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat yang bertema “Optimalisasi Program Pendidikan dan Pemberdayaan Lingkungan, Baktiku Untuk Masyarakat Pesisir”. Pengabdian ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 02-04 Februari 2022 di desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Peserta kegiatan ini juga diikuti mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan angkatan 2019, 2020 dan 2021 yang mau berkontribusi dalam pengabdian dan telah diseleksi melalui rekrutmen kepanitian. Adapun sasaran kegiatan ini adalah siswa-siswi SD Negeri 101954 Pantai Cermin dan masyarakat desa Pantai Cermin Kanan yang tinggal di daerah objek pariwisata.

Ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (HMJ PPkn), Musthafa Amin Lubis mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah sebagai bentuk realisasi visi dari hmj PPKn dan bentuk tanggung jawab sebagai mahasiswa berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi point nomor tiga yaitu pengabdian kepada masyarakat, memberikan pengalaman kepada seluruh voulenteer untuk langsung terjun ke lapangan, memberikan semangat untuk adik-adik daerah pesisir untuk lebih termotivasi untuk semangat belajar serta menyadarkan lingkungan sekitar masyarakat pentingnya untuk menjaga lingkungan

Optimalisasi Program Pendidikan di SD Negeri 101954 Pantai Cermin dan melakukan pemberdayaan lingkungan sekitar pesisir yang dominan dijadikan sebagai objek pariwisata sebagai fokus utama kegiatan ini. Adapun kegiatan lain yang turut dilaksanakan seperti ngaji setelah magrib, nonton dengan anak-anak sekitar Desa Pantai Cermin Kanan, mengajar dan senam bersama siswa-siswi SD Negeri 101954 Pantai Cermin Kanan. Tak lupa pula peserta pengabdian juga turut melaksanakan gerakan pungut sampah bersama masyarakat setempat. Gerakan pungut sampah yang di lakukan tidak hanya sekedar membersihkan daerah pesisir dari tumpukan sampah, namun kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sampah yang dibuang sembarangan tidak hanya merugikan masyarakat setempat bahkan juga hewan-hewan sekitar sungai dan menyebabkan kerusakan.

“Harapanya ya semua tujuan yang ingin kita capai tadi terlaksana, terkhusus untuk kasih pengalaman ngajar langsung dan menambah motivasi belajar adik-adik yang ada disana, karena yang kita ajak di luar pengurus HMJ itu dari stambuk 2020 dan 2021 yang memang ada beberapa yang belum pernah sama sekali ke sekolah”. Tutup Mushtafa Amin Lubis sebagai Ketua HMJ PPkn sekaligus koordinator kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian ini pun ditutup dengan mengedukasi anak-anak pesisir untuk menciptakan kerajinan tangan dari limbah bekas.

Related articles

Recent articles