25.1 C
New York

SNMPTN & SBMPTN 2022: UNIMED Adakan Sosialisasi Secara Langsung

Published:

Hari ini (08/02/2022) adalah hari terakhir bagi sekolah untuk mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang dilakukan melalui akun LTMPT peserta. UNIMED mengadakan Talkshow dan Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN tahun 2022, dimana audiens yang hadir sebanyak kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari Kepala Humas Unimed DR. Muhammad Surif S.Pd., Msi.CIO., kepala sekolah, guru, dan para siswa SMA/SMK sederajat di Sumatera Utara.

Talkshow tersebut menghadirkan Wakil Rektor 1 UNIMED bidang pendidikan akademik sebagai pembicara yaitu Dr. Restu, MS. Beliau menyampaikan bahwa tahun ini UNIMED akan menerima 8005 mahasiswa baru dari kuota yang disediakan. UNIMED juga berhasil menaikkan daya tampung dari 7500 pada tahun 2021 menjadi 8005 pada tahun 2022. Keseluruhan total diambil dari jumlah 1600-1700 kuota jalur SNMPTN, 3200-4000 kuota jalur SBMPTN, dan 2400-2500 kuota jalur Mandiri.

Pada jurusan tertentu di UNIMED juga terdapat penilaian portofolio untuk jurusan olahraga dan seni. Biaya pada jalur ini ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Perlu diketahui, terdapat keistimewaan untuk PTN berbadan hukum dapat menampung mahasiswa baru minimum sebanyak 20% dari SNMPTN, 30% SBMPTN, dan seleksi Mandiri maksimum 50%. Namun, untuk UNIMED yang masih Satker/PLU (Badan Layanan Umum), maka komposisinya seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu 20%, 40%, dan 30%.

Calon Mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN perlu memperhatikan Program Studi dengan peminat tertinggi di UNIMED pada tahun 2021 untuk memaksimalkan peluang lolosnya. Pada jalur SNMPTN peminat tertinggi yaitu PGSD, Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, dan Gizi. Sedangkan jalur SBMPTN yaitu PGSD, Pendidikan Matematika, Akuntansi, Manajemen, dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Sesi talkshow berikutnya menghadirkan pembicara kedua, kepala Humas UNIMED, Dr. Muhammad S.Pd.,Msi.CIO. Beliau memberikan sosialisasi mengenai Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) bagi Mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Peserta penerima KIP Kuliah tidak akan membayar biaya kuliah selama studi 4 (empat) tahun dan mendapat biaya hidup Rp 700.000/bulan.

Di akhir acara talkshow dan sosialisasi adalah diskusi oleh audiens dengan pemateri. “Jika saya memilih UNIMED sebagai pilihan kedua, apakah saya masih dipertimbangkan untuk diterima di UNIMED? Apakah UNIMED tidak boleh dinomorduakan?” tanya salah seorang audiens.“Tidak ada aturan seperti itu. Semua hasil didasarkan pada nilai raport untuk jalur SNMPTN, nilai UTBK untuk jalur SBMPTN, dan UTBK-Mandiri untuk jalur Mandiri.” jawab Pak Surif.

Seluruh persyaratan sekolah maupun siswa, serta mekanisme pendaftaran jalur SNMPTN dan SBMPTN dapat dilihat di laman resmi https://www.ltmpt.ac.id dan layanan khusus Help Desk UNIMED di https://www.unimed.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru. Informasi detail mengenai KIP Kuliah dapat dilihat pada website Pusat Layanan dan Pembiayaan Pendidikan di https://puslapdik.kemdikbud.go.id.

Kru : Dewi Susilawati & Siti

Related articles

Recent articles