asd
32.3 C
New York

Sambut Ultra Fest 3.0 Esensi Kreatif Berspektif Bagi Insan Pers Suara USU Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

Published:

Medan, Persma Kreatif – Lembaga Pers Mahasiswa Suara USU gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dalam acara Ultra Fest 3.0 pada Senin, (26/06/2023) di Aula FISIP Universitas Sumatera Utara.

Dalam kegiatan PJTD ini menghadirkan ketua umum Persma Suara USU, dewan Humas yang turut hadir, dan ketua aliansi Pers Mahasiswa Sumatera Utara untuk memberikan kata sambutan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh beberapa narasumber dan materi berbeda untuk meningkatkan kemampuan jurnalis. Hendrik Fernandes memberikan materi “Pentingnya Politik Jurnalistik bagi Pers Mahasiswa. Ia mengatakan bahwa jurnalisme merupakan agen yang mengkonstruksi realita, memiliki hak untuk membawa suatu pemberitaan. Ia juga memberikan contoh bagaimana mengkonstruksi berita politik yang sehat dalam surat kabar.

Narasumber kedua oleh praktisi PRs Bank Sumut dengan materi “Praktek Kehumasan dan Jurnalisme dalam Perusahaan”. Ia mengatakan bahwa reputasi adalah hal yang sangat penting, dan untuk membentuknya dari perusahaan yang telah memenuhi ekspetasi customer, perspektif publik dan pencitraan oleh media.

Narasumber terakhir, Maulana Andinata selaku dosen ilmu komunikasi USU juga memberikan ilmu melalui materi “Jurnalisme Data”. ia mengatakan bahwa jurnalisme adalah proses kegiatan pengumpulan fakta penulisan, penyuntingan, serta penyampaian berita. Ia juga menjelaskan dalam jurnalisme data terdapat 6 tahap yang harus dilakukan yaitu menentukan topik, kumpulkan data, melakukan survey, mencari angle storyline yang menarik, menggunakan tools pendukung, dan visualkan data anda .

Selama pelatihan berlangsung, terdapat kegiatan ice breaking yang bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat para peserta yang turut hadir. Selain itu di akhir kegiatan terdapat sesi tanya jawab dan foto bersama seluruh peserta juga panitia.

Related articles

Recent articles