31.6 C
New York

Prodi Pendidikan Tata Boga Menggelar Acara Tahunan Cipta Inovasi Kuliner Pangan Nabati

Published:

Medan, Persma Kreatif — Program Studi Pendidikan Tata Boga gelar acara Cipta Inovasi Kuliner Pangan Nabati di lapangan parkir Fakultas Teknik pada Rabu (18/05) pukul 09.00 WIB hingga sore hari. Kegiatan ini terdiri dari berbagai perlombaan, seperti cooking competition (maincourse challenge), food photograph competition (memfoto satu objek makanan dengan menggunakan kamera HP), dan fruit curving competition (mengukir buah yang sudah ditentukan).

Acara yang dihadiri secara langsung oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Cipta Karya Boga Ajeng Inggit, M.Pd, juga dihadiri oleh beberapa pihak berkepentingan di lingkungan Fakultas Teknik, antara lain Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd., Wakil Dekan I Dr. Zulkifli Matondang, M.Si., Wakil Dekan II Dr. Eka Daryanto, M.T., Wakil Dekan III Dr. Ir. Ernesto Maringan Ramot Silitonga, S.T., DEA, IPM., Ketua Jurusan PKK Dra. Fatma Tresno Ingtays, M.Si., Sekretaris Jurusan PKK Dra. Armaini Rambe, M.Si., Ketua Program Studi Pendidikan Tata Boga Dr. Erli Mutiara, M.Si., Ketua Lab Kuliner Dra. Nuwairy Hilda, M.Pd., Ketua Lab Produksi Dra. Ana Rahmi, M.Pd., serta seluruh para undangan peserta lomba dan dewan juri.

Event ini merupakan puncak dari projek mahasiswa stambuk 2020 Prodi Pendidikan Tata Boga yang telah ditugaskan selama satu semester untuk merancang, membuat, dan menyajikan hidangan hingga akhirnya menghasilkan karya atau produk yang bersifat kreatif dan inovatif. Disponsori oleh berbagai entitas besar, seperti Emina, Nutrifood, Hock, Zenlatte, hingga Telkom Indonesia, event ini menjadi acara yang sangat dinanti-nanti bagi seluruh jajaran staf maupun mahasiswa Fakultas Teknik, khususnya Prodi Pendidikan Tata Boga.

Sebanyak 62 mahasiswa menghasilkan 120 produk karya cipta inovasi kuliner pangan nabati dari bahan umbi-umbian, kacang-kacangan, dan serelia. Sebelumnya panitia telah membuka pendaftaran dari tanggal 20 April s.d. 12 Mei lalu agar panitia dapat menentukan jumlah stand yang akan disiapkan sebagai food bazar. Sebab, selain tujuan kompetisi, peserta juga dapat menjual produk atau karyanya kepada publik.

Event cipta inovasi kuliner nabati adalah kolaborasi dari mata kuliah Cipta Karya Boga, Event Organizer, Unit Produksi, dan Seni Kuliner dengan para dosen pengampu masing-masing. Harapannya agar event tahuhan ini dapat memberikan dampak baik dan pengalaman nyata bagi para peserta dan siapapun yang terlibat.

“Semoga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan mendapat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya berterima kasih kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Boga stambuk 2021 sebagai event organizer dalam acara yang besar ini, karena berkat kerja keras mereka acara ini dapat berlangsung dengan meriah. Saya secara pribadi mohon maaf jika terdapat kekurangan atau sekiranya ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para hadirin selama berjalannya acara ini. Semoga acara Cipta Inovasi Kuliner Pangan Nabati dapat berkesan baik bagi kita semua,” harap Ajeng saat menutup kata sambutannya.

Selain kompetisi dan food bazar, pengunjung ikut dimanjakan dengan adanya spin video booth 360°, live music, photo booth, dan cooking demo.

Kru: Dewi Susilawati & Lala Pratiwi

Related articles

Recent articles