15.3 C
New York

PJTD Straight News: Kak Novi Ajarkan CKB Jangan Takut Menulis

Published:

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-empat belas telah dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB dengan materi “Straight News” yang dibawakan oleh Kakanda Novita Sari Simamora. Sabtu (10/4/21)

Kak Novita merupakan alumni Persma Kreatif UNIMED angkatan ke-20, yang kini berprofesi sebagai reporter di salah satu Koran Indonesia yaitu Bisnis.com dengan pengalamannya menjadi wartawan kampus serta editor.

PJTD dilakukan secara online melalui platform Zoom meeting yang diikuti sekitar 30 orang peserta yang mencangkup CKB 33 (Calon Kru Baru) dan kru. Pada materi Straight News yang disampaikan oleh Kak Novita Simamora atau biasa dipanggil akrab Kak Novi, membahas mengenai cara kita sebagai reporter dalam menulis berita straight news dengan baik dan benar.

Sebelum masuk ke is materi, kegiatan diawali dengan sharing pengalaman antar ckb, ‘apakah pernah menulis Straigh News?’. Hal ini bertujuan agar CKB lebih mudah memahami materi yang akan dibahas serta dapat menganalisis bersama setiap kesulitan dan cara penanganannya dalam mencari berita Straight News.

Kesulitan yang paling sering diamati para reporter pencari berita Straight News adalah ketika telat datang ke lokasi kejadian. Jika telat, maka otomatis reporter akan kehilangan moment yang tepat. Untuk mengatasi masalah itu, tentunya diperlukan upaya yang lebih seperti mengobservasi lokasi kejadian, menghubungi saksi atau pengamat kejadian, dll.
Begitulah jelas kak Novi saat memberikan materi.

Selain membahas teori, beliau juga secara langsung mengajak para ckb untuk terjun bersama-sama meneliti cara penulisan berita-berita yang ada di internet, khususnya berita-berita yang merupakan karya dari pemateri sendiri. Mulai dari berita serius hingga berita yang terkesan sepele namun memiliki dampak yang sangat penting dalam masyarakat. Hal yang paling penting dari menulis berita adalah terus berlatih dan memahami berita dengan belajar dari jurnalistik sastrawi, dapur media, dan platform berita lainnya. “Ayo kita perhatikan karya-karya berita dari reporter lainnya seperti balai ruang press, suara usu, warta kema, dan masih banyak lagi. Jadikanlah itu sebagai inspirasi dan motivasi,” ujar kak Novi.

Sebagai penutup dari kegiatan PJTD, pemateri memberikan pesan kepada para CKB 33 yaitu “Jangan pernah takut menulis, tulislah apa yang ada dipikiranmu.” Ini menandakan bahwa kesalahan adalah hal yang wajar. Oleh karena itu, kita harus berani untuk menulis. Selama kita masih memiliki ide, beranilah menulis. Jika terdapat kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada para CKB 33 untuk selalu semangat dalam menggali potensi serta berproses. “Manfaatkanlah sebaik mungkin waktumu berproses bersama Kreatif karena tidak ada yang tau masa depan kita”.

CKB Eunike Manurung

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles