13.1 C
New York

PJTD Pijar USU 2024 Berikan Pengalaman Berkesan Menjadi Jurnalis Sejati

Published:

Medan, Persma Kreatif — Media Pers Mahasiswa Pijar menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD ) yang diadakan pada Rabu (31/01). Acara ini terlaksanakan di Aula Fisip USU dan berlangsung selama dua hari. Hari pertama diawali dengan pembukaan MC, doa, dan kata sambutan oleh ketua panitia, Farah Asy-syifa serta Yulia Kezia selaku ketua umum.
Hari pertama merupakan pelaksanaan diskusi bertema “Anti Hoaks di Dunia Digital dan Jurnalis Data” dengan pemateri Jefri Susetio. Jefri Susetio memaparkan bahwa saat menerima berita atau informasi jangan terburu-buru untuk share hanya karena isinya sesuai dengan keinginan diri sendiri. Hal yang harus diingat adalah ‘Saring Sebelum Sharing.’

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pemateri kedua oleh Arifin Al Alamudi dengan tema “Berita Hampa Tanpa Data”. Arifin Al Alamudi mengatakan berita itu adalah salah satu jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat. Kata kunci dari berita adalah menyampaikan fakta. Ketika berita tidak menggunakan data maka berita itu tidak dapat dipercaya. Segala hal yang ada di berita harus mempunyai data yang akurat. Hari kedua merupakan kegiatan kunjungan peserta ke studio TVRI Sumatera Utara. Keberangkatan peserta PJTD menuju TVRI diantar dengan menggunakan Linus USU. Sesampainya di sana para peserta PJTD diperkenalkan cara menjadi seorang reporter. Setelah perkenalan yang cukup, para peserta sangat antusias untuk mengerjakan tugas yang diberikan yaitu membuat sebuah berita mengenai apa saja yang didapat sesuai dengan judul yang sudah ditentukan.

Acara hari kedua juga diramaikan dengan games dan nominasi kelompok terbaik dan peserta PJTD terbaik. Hadiah menarik akan diberikan pada para anggota PJTD yang sudah sangat antusias mengikuti PJTD hari pertama dan kedua. Pembagian Hadiah adalah tanda di mana PJTD telah selesai dan ditutup.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles