13.1 C
New York

Gebyar Milad OIF UMSU ke-9 : Inovasi Astronomi Untuk Pemula

Published:

Medan, Persma Kreatif-Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyyah Sumatera Utara dalam rangka Milad ke-9, mengadakan seputar seminar dengan tema “Inovasi Astronomi Untuk Pemula (Pelajar & Mahasiswa)”. Yang dilaksanakan pada, Sabtu 3/2/2024 di Aula Pascasarjana UMSU Jl. Denai No. 217 Medan.

Wakil Rektor 1 UMSU Prof. Dr. Muhammad Arifin, S.H., M.Hum. dalam sambutanya tidak hanya mengapresiasi dibukanya Program Studi Ilmu Falak di UMSU, tetapi juga menekankan betapa pentingnya generasi Muslim memperkenalkan pemikiran-pemikiran Islam, terutama dalam bidang astronomi. Beliau merasa bahwa saatnya telah tiba bagi kita, sebagai generasi Muslim, untuk membawa pemikiran Islam dalam ilmu astronomi ke hadapan masyarakat. Menyadari tenggelamnya tokoh-tokoh pemikir Islam dalam sejarah.

Dalam penyampaian materi, Hakim Luthfi Malasan menampilkan video yang berisi konsep astronomi yang sudah dipakai sejak dulu dan menjadi tradisi Dan budaya turun menurun seperti tradisi penanggalan penanaman padi di Jawa, tidak hanya itu beliau juga membahas terkait banyak nya hoax terkait astronomi yang beredar di masyarakat luas seperti isu akan terjadi fenomena Aphelion, batu meteorit yang dijadikan obat yang dapat merugikan masyarakat, hal ini terjadi karena minim nya peminat Dan mahasiswa di bidang astronomi.

“Banyak juga masyarakat yang tidak tahu menahu bahwa batu meorit yang jatuh Dan ditemukan tidak boleh diperjual-belikan Dan harus dikembalikan di badan antariksa sesuai pasal 58 UU Keantariksaan.” Ujar Hakim.

Dan acara diakhiri dengan pengumuman pemenang Perlombaan mewarnai astronomi, cerdas cermat astronomi, Dan penerbangan roket air, karya tulis astronomi diberbagai jenjang sekolah.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles