27.4 C
New York

PJTD LPM Teropong Ajarkan Peserta Pentingnya Lakukan Riset dan Dokumentasi Sebelum Live Report

Published:

Medan, Persma Kreatif – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU), mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di Aula Masjid Taqwa Setia Budi, Sabtu (18/05/2024).

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan LPM Teropong di setiap kepengurusannya dan kegiatan ini terbuka untuk umum.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini, agar dapat melatih dasar – dasar jurnalistik para anggota magang Pers Teropong maupun peserta PJTD. Harapan saya, kiranya ilmu – ilmu dari PJTD ini, dapat diaplikasikan baik di lingkungan maupun dalam hal – hal yang baik,“ ujar Fadli zikri selaku Ketua Panitia PJTD.

Adapun pemateri yang hadir pada PJTD, yaitu Sutanta Aditya (anggota PFI Sumut), M.Dinal Apriansyah (reporter dari TV Medan), dan Bahri, S.Sos,M.I.Kom (produser Kompas TV Medan). Materi yang disampaikan berbeda dimulai dengan membahas Live Report.

“Sebelum melakukan live report harus riset terlebih dahulu mengenai masalah yang akan diliput hingga informasi di lapangan,” tutur M.Dinal Apriansyah.

Materi kedua dilanjutkan dengan video jurnalistik yang disampaikan oleh Bahri. Di sesi kedua ini, beliau menjelaskan sebagai kameramen jurnalistik. Pada sesi ini, peserta disuguhkan dengan kasus busung lapar, yang mana sebagai jurnalistik harus memprioritaskan memfoto kasusnya terlebih dahulu dari pada menolong korban.

“Pada kasus tersebut harus memperioritaskan foto karena moment tidak bisa terulang kembali,” ujar beliau. 

Acara ditutup dengan foto bersama sekaligus pembagian sertifikat kepada para peserta pelatihan.


Penulis : Angel Agasari

Editor: Chairunnisa

#persmakreatif #persmahasiswa #pjtdlpmteropong

Related articles

Recent articles