asd
32.3 C
New York

Pilmapres, Bukan Ajang Prestisius Belaka

Published:

Pengumuman pemenang Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) tingkat fakultas telah dilaksanakan pada 10 Mei 2021. Setiap Fakultas di Universitas Negeri Medan masing-masing mengirimkan satu delegasinya yang dianggap sebagai mahasiswa terbaik dari yang terbaik. Tentunya, selain PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Pilmapres menjadi representasi yang cukup tepat dalam ambisi meraih predikat mahasiswa berprestasi. Namun, sepertinya pilmapres bukanlah ajang prestisius belaka.

“Bagi saya sendiri berprestasi itu bukan soal punya banyak gelar juara di lomba-lomba, tapi bagaimana kita mengajak sekeliling untuk ikut berprestasi juga.” Ucap salah seorang mahasiswa berprestasi asal Fakultas Ekonomi, Nurmayang Sari Hasibuan.

Ia juga mengatakan bahwa perasaan bahagia tak luput dirasakan sebab menjadi Mawapres (Mahasiswa berprestasi) Fakultas Ekonomi, “Sekarang dikasih kesempatan untuk lanjut berkompetisi di Universitas, rasanya jadi Mawapres di fakultas saja sudah sangat bersyukur gitu. Untungnya ada kawan-kawan di organisasi yang selalu jadi support system waktu semangat lagi turun.”

Untuk persiapan menuju pilmapres Universitas, Mayang telah menyiapkan beberapa hal yang menjadi syarat mutlak, yakni finalisasi video presentasi dan poster gagasan kreatif, “Alhamdulillah sudah selesai tadi. Mendadak sekali memang. Tapi Alhamdulillah bisa terselesaikan.” Ucapnya.

Menjadi seorang mahasiswa berprestasi tingkat fakultas, Mayang mengaku hal tersebut tak lepas dari bagaimana ia diberi tanggung jawab dan amanah. Mayang menilai bahwa tanggung jawab yang harus diemban selanjutnya adalah mengajak mahasiswa/i terkhusus di Fakultas Ekonomi untuk terus berprestasi dan menggunakan waktu untuk hal-hal yang positif, “Semangat terus untuk kita. Semangat berprestasi dan menginspirasi. Mungkin ada kalimat yang selalu jadi kunci untuk saya sendiri. ‘Setinggi apapun kita melangit, jangan pernah lupa untuk tetap membumi, karena tanah adalah tempat kita kembali’.”

Lebih jauh, mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi stambuk 2018 ini berharap agar proses yang dijalani akan menjadikannya pribadi yang lebih baik lagi kedepannya, “juga, semoga kawan-kawan di Fakultas Ekonomi bisa sama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan FE yang lebih baik lagi kedepannya, nilai dari suatu Fakultas bukan dilihat dari satu mahasiswanya saja, bukan?” tutupnya.

Related articles

Recent articles