asd
25.3 C
New York

“Grand Closing Gebyar Ramadhan” SEMA Tutup dengan Sinergi Mahasiswa dalam Meraih Cahaya Kebaikan

Published:

Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (SEMA UNIMED) 2021 menggelar Grand Closing Acara Puncak Gebyar Ramadhan dengan tema “Satukan Hati, Satukan Visi meraih kemenangan yang hakiki di bulan yang suci” secara online via Zoom Meeting yang diikuti oleh 75 partisipan termasuk panitia, narasumber dan peserta lomba pada Selasa, 11/05.

Acara dimulai pada pukul 13.30 WIB dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan sambutan dari Rayanda Al Fathira selaku Ketua Umum SEMA Unimed 2021 dan sambutan sekaligus pembukaan dari Bapak Yan Indra Siregar selaku pembina SEMA Unimed, lalu pembacaan doa. Kemudian diakhir acara diumumkan nama-nama pemenang lomba ramadhan (poster dan podcast).

Dalam sambutannya pembina mengucapkan selamat kepada siapapun yang memenangkan lomba. Ini adalah buah yang ditanamkan selama berproses. Karena proses tidak akam mengkhianati hasil. Bagi yang belum menang, ini adalah keberhasilan yang tertunda. “Jadilah orang-orang yang tidak terpatahkan untuk mengerjar sebuah kesuksesan,” pesannya kepada peserta.

Ketua panitia, Farhan Pratama Tanjung pun menambahkan “… untuk para pemenang lomba agar tidak hanya sebatas perlombaan saja akan tetapi dari hasil karya yang dibuat dapat menjadi nilai syiar kebaikan kepada mahasiswa lain terutama dalam melatih softskill dalam bidang podcast dan pembuatan poster, mengigat hal ini amat diperlukan dan dimiliki oleh mahasiswa sekarang di era pandemi dan era digital.”

Pada acara Grand Closing, SEMA menghadirkan dua narasumber yaitu Nofrian Fadil Akbar, Koordinator Pusat (Koorpus) BEM SI 2021 yang juga Presiden Mahasiswa BEM UNRI 2021, dan Ustadz Fahmi Arif, S.Pd, Finalis Aksi Indosiar 2019.

Sebelum memulai sharing sessionnya mengenai ibadah, amanah dan kuliah, Nofrian mengabarkan kembali kejadian yang menimpa palestina beberapa hari lalu dan meminta agar semua partisipan dapat bersama-sama mendoakan teman-teman seakidah yang berada disana, serta tidak lupa pula untuk mendoakan kepergian Ustadz Tengku Zulkarnain ke ramatullah.

Bagi Koorpus BEM 2021, organisasi merupakan wadah sebaik-baiknya untuk menebarkan kebermanfaatan sebanyak-banyaknya. Tidak melulu berbicara tentang posisi tetapi kontribusi, bukan saja kedudukan tetapi kebaikan dan kebermanfaatan. “Kita tidak tahu amalan mana yang mengantarkan kita ke syurga, jadi lakukan saja berbagai amalan-amalan baik itu. Mari pantaskan diri kita agar Allah SWT menjadikan diri kita sebagai tempat tersalurnya kebaikan.” Tutup Presma UNRI 2021 dalam kesempatan memberikan sesi sharing.

Ustadz Fahmi Arif, bercerita tentang arti sebuah keluarga. Beliau mengatakan selagi masih memiliki keluarga atau orangtua bahagiakanlah mereka. “Akan ada masanya keadaan berbalik. Suatu saat kita pun akan menua dan lelah lumpuh, berjalan harus dipapah. Anak-anak kita kelak yang akan mengurus kita. Jika kita tidak peduli kepada orangtua maka anak-anak kita kemudian akan mencontoh perbuatan kita. Maka pedulilah pada orangtua, jika sudah tidak ada barulah akan menyesal.” Ucapnya pada sesi tausiyah yang sekaligus menjadi nasihat dan pengingat.

Gebyar Ramadhan ini telah berlangsung dari 24 April-10 Mei 2021 dengan berbagai agenda, mulai dari Lomba Poster dan Podcast, Challenge Ramadhan, Ngabuburit with 7 Fakultas Unimed, Takjil On The Road, Bukber 12 Ukm se-Unimed, hingga acara puncak yaitu Talkshow with Birokrat Unimed, dan Penutupan acara puncak gebyar ramadhan dengan Sharing Session dan Tausiyah.

“Harapannya tentu sama seperti visi SEMA yaitu melibatkan seluruh elemen mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan dengan senat sebagai panggungnya, namun tidak hanya anggota senat saja yang menjadi panitia pelaksana agenda-agenda, tetapi juga melibatkan seluruh elemen internal seperti SEMAF BPMF 7 Fakultas, UKM se-UNIMED, serta HMJ di lingkungan UNIMED untuk bekerja sama, bersinergi yang tentunya akan menguatkan kita dalam satu kesatuan yaitu keluarga mahasiswa.” Tutup Farhan menjelaskan keinginan atas terlaksana Gebyar Ramadhan 2021.

Related articles

Recent articles