27.4 C
New York

Percaya Diri Meraih Beasiswa LPDP

Published:

Medan, Persma Kreatif – Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/PEMNAS Universitas Negeri Medan melaksanakan Webinar Nasional-Sukses Raih Beasiswa LPDP. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting dan menghadirkan sekitar 60 peserta dari kalangan mahasiswa maupun umum. Selasa (22/03/22) pukul 15.00-17.00 WIB. Kegiatan diisi oleh dua narasumber Awardee Beasiswa LPDP RI yakni Ahmad Rizaldi sebagai Alumni S1 Pendidikan Luar Sekolah/PENMAS serta Shofia Mawaddah sebagai Dosen FIP Universitas Negeri Medan.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Umum Ikaplusdikmas Unimed. Dalam sambutannya, Eko Haryanto mengatakan kunci sebuah bangsa terletak pada moral dan kualitas sumber daya manusianya. Pendidikan menjadi modal awal untuk kemajuan sebuah bangsa, semakin tinggi kualitas pendidikan semakin maju peradaban negaranya. Beasiswa LPDP menawarkan perguruan tinggi terbaik yang bisa pilih oleh calon mahasiswa dan biayanya ditanggung oleh Negara. Eko Haryanto menutup dengan berharap webinar ini dapat membantu peserta untuk mendapat tambahan informasi dalam mempersiapkan diri mendaftar beasiswa LPDP tahun 2022. Adapun webinar diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/PENMAS Universitas Negeri Medan dengan salah satu media partnernya ialah Persma Kreatif Universitas Negeri Medan.

Ahmad Rizaldi sebagai pemateri pertama, menjelaskan secara detail mengenai beasiswa LPDP. Adapun penjelasan yang diberikan mulai dari skema beasiswa, komponen beasiswa, tahap seleksi, tahap persiapan diri serta tips menulis essay untuk mendaftar beasiswa LPDP. Ahmad Rizaldi juga memberikan beberapa tips dan strategi khusus berdasarkan pengalaman pribadinya dalam mendaftar beasiswa LPDP yakni dengan membuat timeline, mencari LoA (Letter of Acceptance), membuat essai dengan isu yang bersifat rasional, spesifik dan terukur serta mencari teman sesama pejuang LPDP. Ia juga mengungkapkan pentingnya untuk mengenali diri sendiri dan menjadi diri sendiri dalam mengikuti tahapan seleksi beasiswa LPDP.

Shofia Mawwadah sebagai pemateri kedua, menjelaskan lebih lanjut mengenai beasiswa LPDP untuk kampus di luar negeri. Ia mengungkapkan banyak suka duka dalam perjalanannya menempuh S2 di University College London. Ia juga menjelaskan pentingnya menjadi realistis dan mengenali lingkungan Universitas serta jurusan yang ingin dipilih. Ia menyarankan untuk selalu membaca dan menelusuri informasi LPDP di website resmi https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/ .

Selanjutnya moderator membuka sesi tanya jawab sehingga webinar menjadi lebih interaktif. Dalam sesi tanya jawab, salah satu narasumber mengungkapkan bahwa hal terpenting dalam mengikuti beasiswa LPDP ialah terlebih dahulu mengenali diri sendiri serta memahami bahwa menjadi penerima beasiswa artinya dapat mempertahankan beasiswanya hingga lulus kuliah.
Di akhir kegiatan, pemateri mengungkapkan bahwa menjadi penerima beasiswa LPDP artinya dapat berkontribusi kembali untuk membangun kemajuan di Indonesia. Narasumber berharap peserta yang akan mengikuti kegiatan ini dapat memulai dari niat yang tulus dan menemukan keunikan masing-masing karena siapapun memiliki kesempatan untuk menerima beasiswa LPDP.

Related articles

Recent articles