15.3 C
New York

Pelatihan Membuat Donat Glaze Telang Oleh Mahasiswa KKN Desa Sampe Raya

Published:

05/08/2021 Mahasiswa KKN Desa Sampe Raya bersama Ibu-Ibu PKK membuat  pelatihan membuat Donat kentang dengan Glaze dari bunga Telang, di aula kantor desa Sampe Raya. Bunga Telang dipilih karena di desa Sampe Raya banyak terdapat bunga telang tapi tidak dimanfaatkan untuk menjadi usaha dan hanya untuk konsumsi pribadi.

Dilansir dari Merdeka.com – Bunga telang, atau yang bernama Latin Clitoria ternatea adalah tanaman yang terkenal karena bunganya yang berwarna biru cerah dan dapat dimakan. Selain dari banyak kegunaan kulinernya, bunga telang juga telah digunakan dalam Ayurveda serta pengobatan tradisional Asia dan Timur Tengah selama berabad-abad. Yang di mana manfaatnya adalah :

• Parasetamol alami

• Bermanfaat untuk kesehatan mata

• Memerangi efek diabetes

• Baik untuk kesehatan jantung

• Efektif melawan stres, kecemasan, dan depresi

• Meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan

Di Desa Sampe Raya sendiri, Selain jadi tanaman hias, Bunga Telang di manfaatkan untuk menjadi teh yang biasa digunakan sebagai obat herbal dengan di buat menjadi teh. Hal itu menjadi keresahan Mahasiswa KKN karena Bunga Telang tidak maksimal dimanfaatkan, apalagi sebagai usaha yang menghasilkan. Oleh karena itu Bunga Telang di manfaatkan sebagai Glaze untuk menambah rasa dari donat, serta menjadi ciri khas dan bisa menjadi ikon Kuriner Desa Sampe Raya.

Mahasiswa melakukan pelatihan membuat donat bersama Ibu-Ibu PKK

“Saya Senang mahasiwa bisa membagikan ilmu mereka kepada ibu-ibu disini. Semoga Pelatihan yang diberikan Mahasiswa ini bermanfaat untuk Ibu-Ibu PKK karena memang Ibu-Ibu PKK dan bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.” Ucap Kepala Desa Sampe Raya M. Bahagia Ginting.

Mahasiwa KKN Desa Sampe Raya berharap pelatihan yang diikuti oleh sekitar 20 Ibu-Ibu PKK ini diharapkan dapat menambah sumber dana tambahan tersebut yang diperoleh dari pelatihan skill pembuatan donat untuk berwirausaha berkelanjutan. Produk yang dihasilkan dapat dipasarkan dan dapat juga dijadikan sebagai oleh-oleh. 

Related articles

Recent articles