12.9 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) PIJAR USU : Fakta dan Data adalah Senjata bagi Seorang Jurnalis

Published:

Medan, Perma Kreatif – Pers Mahasiswa PIJAR USU menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) tahun 2023 dengan mengusung tema “Dasar-dasar Jurnalistik bagi Pemula” pada tanggal 17-18 Januari 2023 di Aula FISIP USU.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari berbagai kalangan yang bertujuan untuk mengajak dan mempelajari dasar-dasar menjadi seorang jurnalis. Dalam PJTD ini, PIJAR USU mengundang Rahmat Utomo, S.I.Kom., M.I.Kom., yang tidak lain adalah seorang reporter Kumparan.com, dan Agus Supratman, S.P., seorang reporter CNN Indonesia. Kedua pemateri tersebut memberikan materi-materi dasar untuk menjadi seorang jurnalis.

Rahmat Utomo dalam materinya menyampaikan tentang pra liputan jurnalisme, untuk jurnalis pemula.  Materi yang disampaikan mendobrak para peserta untuk mengetahui dasar jurnalistik dalam membuat berita. Berita yang disampaikan berupa fakta dan kebenaran dalam membuat teks berita. “Seorang jurnalis harus mengetahui dasar-dasar tentang jurnalistik sebelum membuat berita,” ungkapnya.

Agus Supratman yang menjadi pemateri kedua membicarakan tentang jurnalisme data dan jurnalisme ilmiah. Seorang jurnalis harus mampu mengolah data dan berani untuk membuat berita sesuai dengan data yang kredibel. Karena data yang dipaparkan adalah senjata bagi jurnalis dalam membuat teks berita walaupun masih berstatus sebagai jurnalis pemula.

Tujuan Persma Pijar USU menyelenggarakan PJTD ini adalah untuk memberikan ruang belajar bagi para peserta dalam dunia jurnalistik dan memahami dasar-dasar jurnalistik yang telah diberikan. Kegiatan ini juga mengajarkan seorang jurnalis untuk menulis berita disertai dengan fakta dan data yang kredibel.

Kru: Winaldi

Related articles

Recent articles