12.9 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) : Materi  XI Web Design

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) oleh Persma Kreatif Unimed. Kegiatan ini merupakan PJTD ke- 11 dari 16 PJTD yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan. PJTD merupakan tahap pembekalan kepada Calon Kru Baru ke-34 (CKB-34) Persma Kreatif Unimed untuk membentuk pribadi yang berjiwa jurnalistik, sehingga sanggup berkontribusi di Persma Kreatif.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke- 11 dibawakan oleh abangda Muhammad Ibnu Rosyid dengan materi “Web Design”. PJTD dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, yang diikuti 12 peserta CKB 34 (Calon Kru Baru) dan beberapa kru panitia. Sabtu (23/4/22) pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Abangda Muhammad Ibnu Rosyid atau yang sering dipanggil Bang Toba merupakan senioren Pemimpin Redaksi di Presma Kreatif Unimed. Saat ini sedang menjabat menjadi Teknisi. Saat menyampaikan materi, beliau sangat antusias dan sangat semangat memberikan ilmu kepada para CKB 34. 

Pelatihan diawali dengan pembukaan oleh moderator yang merupakan Kru 33, yakni saudari  Al Miza Ginting . Dilanjutkan dengan pelaksanaan pretest dan pembacaan CV pemateri. Pemateri menyampaikan materi mengenai “Media Online” mulai dari definisi media online, kenapa media online?, manfaat membuat media online dan cara membuat media online. Tak lupa, beliau memberikan contoh penerapan dari materi yang telah beliau sampaikan.

Media online sebuah perangkat atau sebuah penghubung,wadah  dalam bentuk online dapat disimpulkan media online adalah sebuah sarana untuk berkomunikasi secara online melalui website dan aplikasi yang hanya bisa diakses dengan internet. Seperti aplikasi, situs berita, situs perusahaan, situs lembaga/instansi, blog, forum komunitas ,media sosial situs jualan, dll. 

Walaupun PJTD dilaksanakan melalui virtual, tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme dan keingintahuan para peserta. CKB-34 yang aktif dan ikut berpartisipasi. Beberapa CKB tersebut bertanya dan berdiskusi mengenai materi “Web Design”. 

Penutup dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada siang hari ini, Abangda Muhammad Ibnu Rosyid menyampaikan kalau untuk sebulan, membuat suatu media web bisa kita buat karena untuk pembelajaran sangat banyak di dapat . Terkadang jika kita belajar otodidak ketika kita menemukan masalah seringnya kita tinggalkan sehingga baiknya kita buat forum diskusi.

Kru : Suci Cyntia 

Related articles

Recent articles