15.3 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) : Materi X Ilustrasi

Published:

Medan, Persma Kreatif – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) oleh Persma Kreatif Unimed. Kegiatan ini merupakan PJTD ke-10 dari 16 PJTD yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan. PJTD merupakan tahap pembekalan kepada Calon Kru Baru ke-34 (CKB-34) Persma Kreatif Unimed untuk membentuk pribadi yang berjiwa jurnalistik, sehingga sanggup berkontribusi di Persma Kreatif.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) ke-10 dibawakan oleh abangda Fadly Pratama dengan materi ā€œIlustrasiā€. PJTD dilakukan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, yang diikuti 15 peserta CKB 34 (Calon Kru Baru) dan beberapa kru panitia. Sabtu (23/4/22) pukul  08.00 – 10.00 WIB.

Abangda Fadly Pratama merupakan senioren Layouter di Presma Kreatif Unimed. Saat ini sedang menjabat menjadi Freelancer Graphic Designer. Saat menyampaikan materi, beliau sangat antusias dan sangat semangat memberikan ilmu kepada para CKB 34. 

Pelatihan diawali dengan pembukaan oleh moderator yang merupakan Kru 33, yakni saudari  Clara Anastasya. Dilanjutkan dengan pelaksanaan pretest dan pembacaan CV pemateri. Pemateri menyampaikan materi mengenai ā€œIlustrasiā€ mulai dari definisi ilustrasi, tahap ilustrasi dan aplikasi untuk ilustrasi.

Ilustrasi adalah suatu karya seni berbentuk gambar yang digunakan untuk menjelaskan suatu informasi atau cerita sehingga informasi tersebut dapat lebih mudah dipahami oleh pembaca.Ilustrasi juga dapat didefinisikan sebagai bentuk visual dari teks sehingga orang yang melihatnya dapat mengerti isi pesan atau informasi di dalamnya meskipun orang tersebut tidak bisa membaca teks. Dengan adanya ilustrasi, pembaca juga menjadi lebih tertarik untuk membaca keseluruhan isi informasi atau cerita yang disampaikan.

ā€œTahap pertama membuat ilustrasi ialah kita harus punya data atau bahan materi untuk diubah menjadi visual. Jadi untuk skill tidak terlalu pengaruh yang penting kita punya bahan kemudian diubah menjadi bentuk visual yang bisa dicerna oleh mata dan telinga , setidaknya paham kalau kita punya  suatu hal yang ingin disampaikan tapi lewat gambar visualisasi. Bisa dalam bentuk komik, photo, infografis, lukisan, dsbā€ ujar abangda Fadly.

Walaupun PJTD dilaksanakan melalui virtual, tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme dan keingintahuan para peserta. CKB-34 yang aktif dan ikut berpartisipasi. Beberapa CKB tersebut bertanya dan berdiskusi mengenai materi ā€œIlustrasiā€. 

Penutup dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada pagi hari ini, abangda Fadly Pratama menyampaikan pesan untuk CKB, yang namanya mencoba di tahap awal selalu tidak nyaman walau pilihannya bisa karena terpaksa atau bisa karena terbiasa .

Kru : Suci Cyntia 

Related articles

Recent articles