asd
32.3 C
New York

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) LPM TEROPONG UMSU: Menjadi Jurnalis yang Cepat dan Tanggap di Dunia Digital

Published:

Medan, Persma Kreatif- Lembaga Pers Mahasiswa Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) adakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD) di aula Fakultas Pertanian UMSU pada Sabtu, 20 Mei 2023. Pelatihan di hadiri oleh mahasiswa dari berbagai LPM di kota medan dan sekitarnya. Teropong sendiri mengundang berbagai pemateri hebat seperti Daniel Pekuwali, M.I.Kom. , Noffri Affandi, M.I.Kom. , dan  Agus Supratman, SP yang masing-masing membawakan materi Stright news, Live report, dan Video Jurnalistik.

Pelatihan yang bertemakan “Create Information in digital Era”  ini menuntun peserta untuk semakin cepat dan tanggap dalam menyampaikan serta menyebarluasakn informasi di dunia digital.

Dalam sesi penyampaian materi Stright News, Pemateri, Daniel menyampaikan bahwa berita yang paling efektif adalah berita yang tidak bertele-tele dan straight to the point. Seorang jurnalis harus mampu membuat berita yang sesuai dengan kaidah penulisan yaitu judul yang menarik, lead yang singkat namun menggambarkan keseluruhan isi berita, serta petikan, hal penting yang disampaikan narasumber.

“ Berita harus seperti itu, tidak perlu bertele-bertele. Yang pertama harus ada judul yang kuat, lead yang menggambarkan judul berita, dan yang terpenting bersifat informatif, provokatif, dan representatif.” Ujarnya pada saat penyampaian materi.

Tidak hanya itu, pelatihan ini juga disertai dengan praktik live report. Setiap peserta ditugaskan untuk melaporkan keadaan sekitaran kampus UMSU dan pemateri akan memilih  sendiri reportasi yang terbaik.

Antusiasme peserta terlihat jelas di setiap sesi tanya jawab. Setiap pertanyaan juga dijawab oleh masing-masing pemateri dengan lugas dan lengkap. Pelatihan berakhir pada pukul 17.00, diharapkan PJTD ini dapat dijadikan  dasar yang tepat bagi tiap peserta untuk lanjut ke tahap berikutnya, yaitu Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTLN).

Kru: Salamah

Related articles

Recent articles