13.1 C
New York

Ngopi Sore Ala Tempo Media : Membuat Desain Tempo Enak Dilihat dan Perlu

Published:

Medan, Persma Kreatif — Ngopi Sore (Ngobrol Inspirasi Sore) yang diselenggarakan oleh Tempo Media dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun Tempo yang ke-51. Minggu, (06/03). Acara dilaksanakan secara virtual melalui platform Youtube dan Facebook Tempo Media dengan mengusung tema “Membuat Desain Tempo Enak Dilihat dan Perlu”.

Siaran dibuka secara live di Youtube dan Facebook oleh Dheayu Jihan salah seorang Jurnalis Tempo pada pukul 15.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. Topik kali ini membahas mengenai Resep dari Dapur Tempo, tentang bagaimana teknik untuk menghasilkan sajian visual Tempo yang enak dilihat. Kendra Paramita selaku Ilustrator Tempo , Gilang Rahadian selaku Desainer Koorporat Tempo, serta Fitra Moerat selaku Desainer MediaLab Tempo menjadi pengisi materi dalam Ngobrol Inspirasi Sore kali ini. Diskusi dimulai dengan penjelasan ilustrasi-ilustrasi sampul majalah maupun koran Tempo, selanjutnya membahas topik bagaimana perkembangan media visual Tempo selama 51 tahun dalam menyajikan informasi dan berita.

Gilang Rahardian yang turut menjadi salah satu bagian dari Tempo sejak tahun 1997 menuturkan bagaimana wajah Tempo yang dahulu dengan Tempo yang saat ini. Perbedaan ikonik Tempo, penempatan infografis termasuk posisi paling dominan dalam penyajian berita visual serta bagaimana Tempo bertahan dengan konsep yang terus berkembang hingga menjadi lebih atraktif dan pancawarna di setiap majalah dan koran yang disajikan.

Kendra Pramita dalam tuturnya juga menyampaikan pengalaman saat pertama kali menjadi seorang Desainer Tempo pada tahun 2004 dan seiring bertambah waktu ia juga harus beradaptasi dengan perkembangan alat-alat yang digunakan dalam membuat ilustrasi, mulai dari penggunaan kertas hingga beralih kepada desain digital.

Infografis menjadi salah satu informasi visual yang saat ini sering digunakan oleh Tempo. Melalui infografis ini pula menurut Fitra Moerat, seorang desainer harus benar- benar teliti dalam memvisualisasikan data. Hingga akhirnya infografis menjadi sarana informasi yang menarik untuk dibaca masyarakat khususnya bagi penikmat majalah dan koran Tempo.

Pemateri Ngopi Sore, turut membagikan bagaimana kiat Tempo dalam membuat ilustrasi yang dapat menarik minat masyarakat. Beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan adalah penguasaan alat, konsep, bercerita dan kata kunci dalam menentukan ide ilustrasi yang akan dibuat dan bagaimana pengemasan (packaging) berita yang disajikan sesuai dengan tren visual.

Majalah Tempo sudah mencanangkan bahwa visual sudah sama pentingnya dengan tulisan. Ilustrasi-ilustrasi Tempo sudah menegaskan hal itu. Gambar tak hanya indah, tapi juga bercerita, serta menyiratkan makna-makna. Maka, gambar, foto, dan teks menjadi kesatuan elemen yang tak hanya menyampaikan informasi, tapi juga memberikan pengalaman estetis bagi pembaca.

Kru : Ardaliani Pasaribu

Related articles

Recent articles