12.9 C
New York

National English Competition 10 : Acara tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNIMED Tahun ke Sepuluh

Published:

Pada 8/3/22 telah dilaksanakan pembukaan acara National English Competition 10. National English Competition (NEC) merupakan acara tahunan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Medan. NEC pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 dan terus berlangsung hingga sekarang telah memasuki NEC yang kesepuluh.

ya berterima kasih untuk dukungan dari seluruh orang yang mengambil bagian pada pelaksanaan acara National English Competition 10 ini. Tahun ini, acara ini diikuti oleh 1100 peserta dari Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, NTB, dan Sulawesi. Kami terkejut bahwa semua partisipan memiliki performa yang baik, khususnya dalam kemampuan berbahasa Inggris. Kami memiliki juri yang memiliki kredibilitas dan objektivitas untuk menilai kemampuan para peserta pada acara ini. Saya ingin mengingatkan bahwa seluruh peserta acara ini adalah pemenang karena mereka telah berkompetisi dengan diri mereka sendiri dan berani menunjukkan kemampuan mereka. Terima kasih telah mengikuti acara ini, push your limit, dan kalian semua pantas untuk diapresiasi. Selamat datang di National English Competition 10. Jadilah pesaing yang suportif, jadilah pesaing yang terbaik, dan hal tersebut dimulai dari kamu untuk memotivasi,” ujar Dhival Hazri selaku ketua penyelenggara acara.

Tema yang diusung pada acara NEC 10 yaitu “ Evolving Creativity of Young Generation in facing Global Transition Towards Indonesia Golden 2045”. Dengan tema tersebut, melalui penyelenggaraan acara NEC 10, Shalva Putri Imantary selaku sekretaris acara menuturkan, “Kami mengusung tema tersebut sebagai harapan untuk semua masyarakat muda Indonesia untuk menyokong skill mereka terutama di bidang bahasa Inggris dalam berbagai macam konteks skill di macam-macam lomba, sehingga biarpun dalam masa pandemi seperti ini mereka bisa untuk saling mengetahui kemampuan satu sama lain. Oleh karena itu juga, tema yang kami sokong ini mendukung terciptanya efek demografi yang besar karena mereka sudah berpartisipasi menciptakan karya dan percaya akan diri mereka bahwa mereka yakin akan diri mereka demi mencapai visi Indonesia Emas 2045; khususnya kami input juga ke dalam berbagai subtema kami diberbagai lomba,” ujarnya saat ditanya harapan pengusungan tema yang dilakukan.

NEC 10 merupakan kompetisi bahasa Inggris yang melibatkan banyak kalangan, dimulai dari tingkat SMP, SMA, Perguruan Tinggi, hingga masyarakat umum serta diikuti oleh peserta dari beragam kota seperti Medan, Bandung, Jakarta, dan kota-kota lainnya. Jenis perlombaan yang diadakan juga beragam hingga mencapai 10 jenis perlombaan, yaitu kompetisi pidato, kompetisi debat, kompetisi esai, kompetisi membaca puisi, kompetisi menulis puisi, kompetisi bernyanyi, perlombaan membuat poster, spelling bee, storytelling, hingga olimpiade berbahasa Inggris. Rencananya, kegiatan yang diikuti oleh lebih dari seribu peserta ini akan dilaksanakan pada tanggal 8-9 Maret 2022.“

Atas nama pimpinan fakultas, pimpinan universitas, kami mengucapkan terima kasih. Apresiasi kami buat HMJ Bahasa dan Sastra Inggris. Pada tahun ini peserta lebih dari seribu orang, sungguh luar biasa. Semoga ananda sekalian benar-benar membuktikan bahwa kreativitas mahasiswa tidak pernah mati walaupun dalam suasana covid. Kami selaku pimpinan fakultas maupun universitas sangat mengapresiasi penyelenggaraan acara untuk mendukung mimbar akademik perguruan tinggi sebagai salah satu kreativitas mahasiswa sehingga tidak hanya mahasiswa UNIMED namun juga mahasiswa dari seluruh wilayah. Demikian juga pada mahasiswa menunjukkan kompetensinya dalam bidang kebahasaan. Pada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara ini, terima kasih. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa menyelenggarakan acara ini secara tatap muka,” ujar Dr. Abdurahman Adisaputera M.Hum selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unimed dalam kata sambutannya.

Dengan demikian, acara National English Competition 10 resmi dimulai hingga tanggal 9 Maret 2022 ke depan.

Kru : Adis Ginting

Related articles

Recent articles