13.1 C
New York

Mie Gomak, Spaghettinya orang Batak yang Menggugah Selera

Published:

Sumatera utara dikenal sebagai daerah yang didominasi oleh orang-orang suku Batak. Tentunya terdapat banyak ragam kuliner yang unik dan lezat khas etnis batak yang dapat kamu temui disini. Mulai dari hidangan-hidangan pembuka seperti snack, makanan yang berat, sampai dessert khas batak pun ada disini. Sajian kuliner khas batak biasanya dominan memiliki rasa yang kuat dari rempah-rempah, gurih dan juga asin.

Salah satunya yang akan kita bahas dan cukup populer dikalangan masyarakat ialah Mie Gomak. Mie Gomak ini menjadi hidangan favorit bagi kebanyakan orang batak karena rasanya yang enak dan kaya akan rempah sehingga membuat nagih siapun yang mencicipinya. Tak jarang Mie Gomak ini jua disebut-sebut sebagai spaghettinya orang Batak karena bentuk mie yang digunakan memang mirip seperti spaghetti dari Italia.

Sebagian dari kamu mungkin penasaran, kenapa ya mie yang satu ini disebut sebagai Mie Gomak? Nah jadi mie ini disebut mie gomak dikarenakan pada zaman dulu cara penyediaannya memang digomak-gomak atau dengan kata lain digenggam dengan tangan. Namun dizaman sekarang ini, pembuatan Mie Gomak sudah jarang digomak-gomak dengan tangan dikarenakan orang-orang lebih mencari cara yang lebih higenis dalam pembuatannya.

Dikutip dari merdeka.com yang dilansir dari tourtoba, mie gomak biasanya disajikan dengan dua cara yaitu direbus dan digoreng. Untuk kamu yang suka dengan hidangan Mie berkuah maka bisa mencoba Mie Gomak rebus yang disajikan dengan kuah santan panas dengan beberapa tambahan sayur jipang dan wortel didalamnnya. Mie Gomak rebus biasanya disajikan terpisah dengan kuah dan sambalnya.

Mie Gomak yang disajikan dengan cara digoreng tentunya juga tidak kalah sedap dengan Mie Gomak rebus. Biasanya Mie Gomak goreng dibuat tanpa kuah dan dicampur dengan sambal khas Batak yaitu sambal Andaliman yang bisa buat kamu ketagihan dengan cita rasa khas asam dan pedasnya.

Mie Gomak sangat mudah ditemukan di Kota Medan ataupun kota-kota lainnya di Sumatera Utara. Mie Gomak sering dijadikan sebagai hidangan sarapan pagi. Untuk menambah kelezatan memakan spaghettinya orang Batak ini akan lebih baik lagi jika disajikan dengan aneka goreng- gorengan seperti bakwan, risol, tahu goreng, tempe goreng atau disajikan juga dengan telur rebus.

Kru: Gracia Napare Sihombing

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles