12.9 C
New York

Menanggapi Polemik Partai Mahasiswa Indonesia dalam Diskusi Publik GMKI FT-UNIMED

Published:

Baru-baru ini mahasiswa dikejutkan denganhadirnya Partai Mahasiswa Indonesia. Sejumlah kritikan dan penolakan muncul dari berbagai aliansi mahasiswa yang menimbulkan polemik. GMKI FT-UNIMED membuka ruang dalam menanggapi polemik yang terjadi pada diskusi publik bertajuk “Polemik Partai Mahasiswa Indonesia”. Adapun diskusi diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dengan mengundang tujuh pemantik dari berbagai organisasi di Unimed, Minggu (1/05/2022).

M. Ananda Rizki Tambunan selaku Ketua Umum HIMMAH UNIMED menanggapi bahwa polemik ini merupakan suatu hal yang mengkhawatirkan. “Mahasiswa adalah masyarakat intelektual yang seharusnya dapat berfikir secara intelektual. Sah-sah saja masuk partai, tidak ada larangan, namun kembali lagi bahwa mahasiswa mengawal kebijakan, bukan untuk membuat kebijakan,” ungkapnya.

Tanggapan lainnya datang dari Tony selaku Ketua Umum KAMMI Garuda UNIMED yang menanggapi bahwa polemik ini dipicu pertama kali datang dari DPR. Kehadirnya organisasi seharusnya berlandaskan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. “Lucunya di Indonesia ini, belum selesai isu yang satu, sudah ada isu lain. Menanggapai isu ini, kalau namanya pakai mahasiswa tapi anggotanya bukan mahasiswa hal tersebut terbilang aneh. Keberadaan partai mahasiswa ini membelah metode gerakan mahasiswa,”pungkasnya.

Para pemantik dalam diskusi publik ini merasakan bahwa Partai Mahasiswa Indonesia dapat mengancam kebebasan para mahasiswa selaku kaum intelektual dan penyambung lidah rakyat. Dengan adanya nama mahasiswa dalam Partai Mahasiswa Indonesia, membuat seolah-olah seluruh mahasiswa mendukung kehadiran partai tersebut. 

Diskusi berlangsung dengan tambahan tanggapan dari Ariansah Hidayat selaku Ketua Umum PK IMM, Josua Purba selaku Ketua Umum GMNI UNIMED, Josua Simbolon selaku Ketua GMKI FT-UNIMED, dan Syahid Tahir Harahap selaku Ketua Umum HMI FT-UNIMED. Diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta diskusi kepada para pemantik dan penutup dari moderator yakni Samuel Simatupang selaku Biro Kader GMKI-FT-UNIMED.

Kru: Tantri Sihite

Related articles

Recent articles