10.7 C
New York

Happy may Day, Setiap Pekerjaan Patut Diapresiasi

Published:

Hari buruh Internasional atau disebut juga May Day dirayakan tanggal 01 Mei setiap tahunnya. Hari ini dibuat untuk memperingati perjuangan bersejarah yang dilakukan oleh pekerja dan gerakan buruh, di banyak negara pada tanggal 01 Mei.

Kementrian ketenagakerjaan (kemnaker) menetapkan tema hari buruh 2022 di Indonesia adalah ‘ketupat May Day’. Kemudian sub tema hari buruh 2022 adalah ‘Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silahturahmi Menuju Industri Peace’. Pihak kementrian juga mempunyai landasan mengapa memilih tema dan sub tema untuk tahun ini, yaitu karena berdekatan dengan hari raya Idul Fitri atau hari kemenangan bagi umat muslim yang jatuh pada tanggal 02 Mei 2022.

Dilansir dari CNN Indonesia, ada beberapa tuntutan buruh pada tahun ini. Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia) Mirah Sumirat memberitahu beberapa tuntutan buruh pada hari buruh.

“Dimudahkannya pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan kompensasi pesangon yang jauh lebih sedikit dibandingkan ketentuan dalam UU Ketenagakerjaan telah berdampak pada terjadinya badai PHK massal di seluruh Indonesia, dengan dalih efisiensi perusahaan,” kata Mirah lewat pernyataan tertulis, Minggu (1/5).

Mirah menilai bahwa dampak merugikan dari UU Cipta Kerja lainnya juga menyangkut penetapan upah minimum yang justru melanggengkan politik upah murah di Indonesia.
“Masih banyak terjadi upaya pemberangusan serikat pekerja yang dilakukan manajemen perusahaan. Di sisi lain, fungsi pengawasan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja di berbagai wilayah, juga masih sangat memprihatinkan,” beber dia.

Kemudian demo hari buruh juga di undur menjadi tanggal 12 Mei 2022, dikarenakan menghormati orang yang berpuasa dan juga orang yang akan merayakan idul fitri serta orang yang melalukan takbir idul fitri. Sekali lagi, happy May Day, semoga apa yang kamu kerjakan mendapat apresiasi yang layak dan semoga tetap semangat untuk perempuan dan lelaki tangguh yang selalu berasa di balik layar dengan proses yang tentu saja tidak mudah untuk dijalani.

Related articles

Recent articles