12.9 C
New York

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, IMM KH. Mas Mansyur Ajak Ketua Umum Ormawa UNIMED Menyampaikan Orasi

Published:

Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) KH. Mas Mansyur Universitas Negeri Medan menyelenggarakan webinar untuk memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2021 kemarin. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting mengingat pada saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19.

Memperingati hari sumpah pemuda yang ke 93 tahun ini, IMM K.H. Mas Mansyur mengangkat tajuk “Refleksi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Sumpah Pemuda dalam Pandangan Mahasiswa”. Acara ini ditujukan untuk mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya mahasiswa untuk sama-sama menjadikan momen hari sumpah pemuda sebagai refleksi serta mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam isi sumpah pemuda.

Kegiatan tersebut mengundang beberapa elemen mahasiswa sebagai narasumber, yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Organisasi Internal dan Organisasi eksternal, diantaranya LP2IM UNIMED, UKM Menwa UNIMED, UKM Pramuka Dewan Racana Putra UNIMED, UKM Pers Mahasiswa Kreatif UNIMED, HIPMI PT UNIMED, HMI Komisariat Al-Fath UNIMED, HMI FIS UNIMED, KAMMI Khatulistiwa UNIMED, Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi (SEMA-FE) UNIMED, Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (SEMA-FIS) UNIMED, Ukmi Ar-rahman FE UNIMED, Ukmi Ar-rahman FIS UNIMED, dan GMKI Komisariat FIS UNIMED.

“Saya mengajak kepada kita semua bahwa kini, sudah saatnya bagi generasi muda bangsa Indonesia untuk terus bersatu dan membulatkan tekad kuat dalam menjaga dan merawat persatuan bangsa. Perjuangan para pahlawan yang telah mendirikan bangsa Indonesia haruslah dimaknai dengan sepenuh jiwa.
Generasi muda seharusnya memiliki semangat yang terus berkobar untuk saling bahu-membahu membela tanah air tercinta. Hari sumpah pemuda bukanlah setahun sekali, melainkan akan terus ada di setiap hari dari perjalanan hidup generasi muda bangsa Indonesia.” ucap Adji, Ketua PK IMM KH. Mas Mansyur UNIMED.

Rayanda Al Fathira selaku Ketua Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan, dalam sambutannya mengatakan bahwa sudah saatnya pemuda membantu memajukan bangsa dan negara, “Sumpah pemuda lahir untuk memajukan bangsa dan kita sebagai mahasiswa harus mampu membawa kemajuan. Dalam memperingati sumpah pemuda harus memiliki tekad yang sama untuk kemajuan negara kita.” Ujarnya

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pandangan dari berbagai narasumber yang telah turut membersamai terkait tema yang telah ditentukan. Salah satunya yakni Ahmad Nur Cahyo selaku Ketua LP2IM UNIMED, “ada tiga butir sumpah pemuda yang ini merupakan semangat kebersamaan dan komitmen putra-putri Indonesia atas kecintaannya terhadap tanah air Indonesia. Sebagai generasi muda haruslah kreatif dan mampu menciptakan inovasi untuk negara, serta anak muda harus bisa berpikir kritis dan tidak mudah menerima hoaks yang beredar pada saat ini.” tuturnya.

Sementara Angga Manulang selaku Ketua UKM Menwa UNIMED mengatakan bahwa pemuda harus peka terhadap isu, “sikap kita sebagai pemuda harus menumbuhkan nilai-nilai yang terkandung dalam isi sumpah pemuda, anak muda harus mampu berpikir kritis terhadap isu-isu politik maupun agama. Jadi kita sebagai pemuda harus bisa melawan kebodohan dengan cara menggalakkan literasi, dan teliti menyikapi berita hoaks.”

Sebagai penutup, Ryan Ananda selaku moderator mengucapkan terima kasih kepada seluruh Elemen mahasiswa yang telah bersedia menjadi Narasumber pada kegiatan memperingati hari sumpah pemuda, “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen mahasiswa Universitas Negeri Medan yang sekiranya telah berkenan dan berpartisipasi dalam kegiatan ini dalam memberikan pandangannya. Semoga dari apa yang telah kita dengar, dapat menjadi masukan sebagai solusi dari permasalahan yang ada saat ini. Dan juga dengan memperingati hari sumpah pemuda yang ke 93 tahun ini, dapat menjadi Refleksi dan bermanfaat bagi kita semua sebagai pemuda penerus bangsa.” Tutup Ryan.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles