23.7 C
New York

Kuliah Daring Prodi Pend. ADP : Filter Informasi di Tengah Pandemi Covid 19

Published:

Medan, (19/5/20) Banyak kegiatan yang dilakukan setiap Universitas dalam melakukan pembelajaran. Salah satu kegiatan yang biasa di lakukan ialah mendatangkan dosen tamu dari berbagai instansi untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa diluar pembelajaran kelas.

Hal tersebut karena masa Pandemi Covid-19, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan yaitu proses kegiatan belajar mengajar di perkuliahaan dilakukan secara daring ( dalam jaringan), hal tersebut tidak menghambat kegiatan itu untuk dilaksanakan.

Seperti halnya di Prodi Pend.Adm Perkantoran jurusan ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, telah mengadakan kegiatan kuliah daring yang di isi oleh Mimah Susanti.S.Sos yang merupakan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.

Adapun tema dari kegiatan ini yaitu ” Filter Informasi di Tengah Pandemi Covid-19″, yang dilakukan sebagai alternatif untuk mendatangkan dosen tamu yang biasanya rutin dilakukan secara face to face.

Kuliah daring ini di lakukan melalui aplikasi meet dan live streaming YouTobe. Peserta yang mengikuti acara ini seluruh dosen Fakultas Ekonomi UNIMED dan mahasiswa FE. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi UNIMED yaitu bapak Dr. Azizul Kholis, S.E., M.Si., CMA.

Menurut Bapak Rangga Restu Prayogo, S.A.B., M.Si. selaku moderator sekaligus panitia dalam kegiatan ini menyatakan bahwa ” Kegiatan ini dilakukan memiliki alasan yang cukup sederhana yaitu kekhwatiran dosen ADP tentang perkembangan pola informasi yang semakin dinamis, dimana setiap orang harus dituntut memiliki filter informasi dalam menerima berbagai sumber informasi, baik dari media cetak maupun media online. Maka, kegiatan ini menjadi jawaban dari kegelisahan perkembangan informasi di dunia mahasiswa sebagai generasi modern. karena manfaat utama kegiatan kali ini mahasiswa sudah dibekali pengetahuan bagimana mengelola sebuah informasi yang mereka dapatkan melalui filter informasi. Sehingga nantinya ketika mereka menggunakan informasi secara baik dan benar. Oleh karena itu Sangat disayangkan apabila mahasiswa tidak dapat berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Materi sangat menarik dalam menghadami berbagi informasi.”

Salah satu peserta seminar yaitu Mahasiswi Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Arhamni Lubis, berpendapat setelah selesainya acara kuliah daring tersebut ” Semoga kita semua dapat memfimter informasi ditengah pandemi sehingga tidak terseret berita hoax”

Adapun hal yang menarik yang didapatkan dari Seminar tersebut, bahwa
Pentingnya memfilter informasi dari media sosial yaitu dapat dilakukan dengan membaca secara keseluruhan karna tak jarang ditemukan berbedanya judul artikel dengan topik artikel. Masyarakat dapat membaca media online yang dapat dipertanggung jawabkan seperti situs kompas.com detik.com okezeone.com.



Related articles

Recent articles