15.3 C
New York

IKAPLUSDIKMAS Ajak Alumni dan Fresh Graduate Raih Beasiswa

Published:

Webinar Beasiswa dengan tajuk “How to Get a Scholarship to Study at Domestic and International Universities” berhasil diselenggarakan oleh Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat (IKAPLUSDIKMAS) Unimed. Bermediakan Zoom meeting dan streaming YouTube, webinar ini diselenggarakan pada Kamis, 01/07/2021 dari pukul 14.00 WIB.

Acara yang diinisiasi oleh IKAPLUSDIKMAS ini bertujuan untuk mempersiapkan alumni dan fresh graduate dalam meraih beasiswa yang sedang gencar diberikan oleh pemerintah. Rizky Nurjehan, M.Pd. (LPDP Awardee), Silvia Mariah Handayani, M.Pd. (AAS Awardee), dan Dr. Isli Iriani Indiah Pane, M.Hum. (Kepala UPT Pusat Bahasa Unimed) masing-masing menjadi narasumber dalam webinar beasiswa ini.

Ketua IKAPLUSDIKMAS, Eko Haryanto, S.Pd. melaporkan bahwa pengurus Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat (IKAPLUSDIKMAS UNIMED) selalu berupaya memberikan manfaat dan berbagi ilmu/pengalaman di luar sekolah, mengedukasi masyarakat, serta gandrung pada program-program literasi, “kami merasa perlu untuk melakukan kolaborasi bersama alumni, praktisi, dan akademisi dalam pengembangan dunia pendidikan di Indonesia. Semoga webinar ini dapat memotivasi teman-teman untuk sama-sama maju dan berkembang. Webinar kali ini adalah webinar ketiga dari acara-acara sebelumnya. Alhamdulillah, kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia.” Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa webinar yang diselenggarakan merupakan manifestasi renungan terhadap peluang dan kesempatan dalam memperoleh beasiswa yang banyak dibuka. Diantaranya yakni, Beasiswa LPDP kemenkeu, Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek, Beasiswa Kominfo, Autralia Awards Sholarship (AAS Autralia), dan lain-lain.

Narasumber pertama, Rizky Nurjehan, M.Pd. menyampaikan bahwa untuk mendapatkan LPDP, para Scholarship Hunter harus mempersiapkan diri untuk memiliki skor TOEFL/IELTS sesuai dengan persyaratan yang di minta oleh LPDP, memiliki kemampuan akademik yang baik, nasionalisme, kontribusi terhadap negeri dan Kemampuan Leadership, “Beasiswa LPDP diperuntukkan bagi seluruh putra/putri terbaik bangsa. Seleksinya yakni seleksi administrasi, seleksi Tes Bakat Skolastik dan Wawasan Kebangsaan, dan Wawancara.” terangnya yang turut menjelaskan bahwa prodi Pascasarjana di Unimed juga membuka kesempatan beasiswa LPDP.

Tak sampai di situ, Dr. Isli Iriani Indiah Pane, M.Hum. selaku penyelenggara TOEFL ITP di Unimed, menjelaskan urgensi TOEFL yang merupakan syarat wajib bagi siapa saja yang ingin mendaftar beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Lebih jauh, ia memberikan informasi seputar TOEFL dan solusi memperoleh skor TOEFL.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama peserta yang dipandu oleh Ahmad Rizaldi, S.Pd. sembari menyebarkan spirit untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam memburu beasiswa baik dalam maupun luar negeri.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles