asd
28.7 C
New York

Hadapi Pilmapres Nasional, Lisa Amalia: Siap Memberikan yang Terbaik Untuk Kampus

Published:

Lisa Amalia, mahasiswi Biologi yang mendapatkan juara 1 pada Pemilihan Mahasiswa Berpestasi (Pilmapres) Unimed tahun 2021 melaporkan sedang merasa senang sekaligus cemas terkait pemilihan mahasiswa berprestasi yang telah diselenggarakan, “Mapres memiliki step by step yang banyak, dan seleksinya itu dari Fakultas ke Universitas, tentunya ada rasa senang karena terpilih menjadi mapres Unimed, dan rasa cemasnya itu karena ngerasa kurang yakin untuk memenuhi persyaratan ke tingkat nasional. Alhamdulillahnya, pihak fakultas dan universitas sangat helpful sehingga aku yakin untuk ke tingkat nasional. Semoga bisa maksimal dan memberikan yang terbaik”, Kata Lisa.

“Menjadi berprestasi itu ukurannya adalah bukan hanya apakah kita dinobatkan menjadi mahasiswa berprestasi. Menjadi berprestasi bagi aku adalah ketika omongan, perbuatan, tau perkataan kita mendatangkan manfaat yang positif bagi banyak orang. Pilmapres adalah jalan yang bisa digunakan agar kita dapat menjadi insan yang bermanfaat. Ketika kita dikenal sebagai Mapres, akan ada kecenderungan bagi kita memberi manfaat kepada mahasiswa lain, karena itu sudah menjadi tanggung jawab Mapres juga.” Ucap Mahasiswa yang juga merupakan Punggawa LP2IM Unimed.

“Aku akan mencoba berusaha semaksimal mungkin dalam berkompetisi di Pilmapres nasional dan siap memberikan yang terbaik untuk Universitas Negeri Medan.” Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa organisasi dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan kedua hal yang esensial maknanya dalam memberi kebermanfaatan, “Organisasi dan kegiatan PKM merupakan sarana yang tepat dalam memberikan manfaat. Saat ini aku juga sedang menangani proyek PKM bidang riset eksakta tentang status tumbuhan kenanga sebagai flora identitasnya Sumatera Utara. Semoga jalur kebermanfaatan seperti ini lebih banyak lagi dilakukan seperti esensi berprestasi yang sudah aku jelaskan di awal.”

Sebelumnya, poin-poin atau yang dinilai dalam PILMAPRES di tingkat Universitas, yakni pengiriman berkas ke Universitas Negeri Medan meliputi naskah gagasan kreatif, video ketika sedang berbicara tentang SDG/Revolusi 5.0 dalam bahasa Inggris, melampirkan capaian unggulan selama menjadi mahasiswa, membuat poster gagasan kreatif, dan membuat poster deskripsi diri. Untuk acara final pada tanggal 18 Mei 2021 lalu, dilakukan presentasi tentang masing-masing gagasan kreatif, sesi tanya-jawab menggunakan bahasa Inggris, namun ada juga menggunakan bahasa Indonesia, dan penampilan video ketika berbicara tentang SDG/Revolusi 5.0.

Saat ini, sedang berlangsung PILMAPRES tingkat Nasional pada tahap pendaftaran, dan akan berlanjut sampai kegiatan akhir pada bulan September.

Setelah terpilih menjadi Mapres Unimed, Lisa berharap ia mampu menjadi seseorang yang bermanfaat bagi masyarakat, “Walaupun dalam bentuk yang sangat kecil, setidaknya perbuatan dan perkataanku bisa mendatangkan hal-hal positif untuk orang lain”, tutup Lisa.

Related articles

Recent articles