15.3 C
New York

Aplikasi IDE Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Digital

Published:

Guna Memperkenalkan aplikasi IDE (Ilmu Digital Ekonomi) kepada seluruh mahasiswa/i Universitas Negeri Medan, khususnya jurusan Manajemen Strata-1, PT. Yapindo mempersembahkan webinar yang bertemakan “Implementasi Pembelajaran Digital di Masa Pandemi”.

Kegiatan dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada pukul 10.00 – 10.40 WIB, yang dipandu oleh Co-Founder Aplikasi IDE yaitu Ristia Hilda. Webinar dihadiri lebih kurang 70 peserta dari mahasiswa Manajemen. Sabtu, 09 Oktober 2021.

“IDE adalah buku ekonomi digital nomor satu di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2008. Mahasiswa dari kampus-kampus ternama di Indonesia sudah menggunakan aplikasi IDE sebagai sumber ilmu pembelajaran, seperti UI, UGM, Unpad, dan lain-lain.” Jelas Hilda ketika mempresentasikan aplikasi tersebut.

Ia turut menampilkan materi-materi dari setiap mata kuliah jurusan Manajemen dari awal hingga akhir semester. Seperti Metode Penelitian untuk membantu menyelesaikan penelitian pada skripsi. Aplikasi ini seperti ebook, namun perbedaannya ada pada layanan dan fitur yang diberikan, juga pada aksesnya.

Terdapat fitur unggulan pada aplikasi IDE, yakni bimbel online/konsultasi, tersedia lebih dari 25 modul pembelajaran, layanan e-library (buku-buku mata kuliah), layanan e-journal (jurnal Indonesia dan Internasional), Kuis, dapat di akses secara offline, dan menyesuaikan kurikulum. Selain itu, terdapat audio visual yang memungkinkan mahasiswa untuk lebih memahami isi materi perkuliahan. Aplikasi juga akan terus diupdate sesuai perkembangan.

Acara yang berlangsung selama 40 menit ini berakhir dengan sesi tanya jawab dan pendaftaran aplikasi bagi mahasiswa yang ingin memiliki aplikasi IDE di gadget masing-masing. IDE ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menempuh perkuliahan dari awal semester hingga lulus.

“Tidak ada unsur paksaan, kalian tau apa yang terbaik untuk kalian. Jika aplikasi ini bermanfaat bagi kalian silahkan gunakan, jika tidak, tidak masalah.” Tutupnya, selaku Co-Founder sekaligus pembawa acara.

Related articles

Recent articles