12.9 C
New York

Gelar Acara Puncak Ramadhan Fest 2022 Secara Virtual, UKMI Ar-Rahman UNIMED Ajak Pemuda Islam Berkreasi Tanpa Henti

Published:

Medan, Persma Kreatif— Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Rahman UNIMED gelar acara Ramadhan Fest 2022 secara virtual melalui platfom zoom meeting (30/04), kegiatan ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan Ramadhan Fest 2022 yang diselenggarakan oleh UKMI Ar-Rahman. Mengusung tema Be the Best youth Islamic Generation in Ramadhan UKMI mengajak para pemuda islam untuk terus berkreasi dan berperan aktif dalam masyarakat.

Kegiatan Ramadhan Fest 2022 kali ini dilaksanakan dalam 2 sesi, dimana pada sesi pertama menghadirkan ustadz Rizal Nurhadi yang merupakan seorang da’i dan founder paradise striver, Sedangkan pada sesi kedua menghadirkan ustadz Muhammad Reza Nurcholis yang merupakan seorang penulis dan founder komunitas suara pena.

Dipandu oleh Ali Ahmatul Umri Hasibuan sebagai Master of Ceremony acara dibuka dan dimulai dengan pembacaan tilawah oleh Fachri Syahputra yang kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Ramadhan Fest 2022 yaitu Bagas Samri Hidayatullah lalu kata sambutan dari ketua umum Ukmi Ar-Rahman UNIMED 2022 yaitu Ardiansyah Tanjung serta Pembina Ukmi Ar-Rahman UNIMED yaitu Bapak Dr. Hasruddin M.Pd. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Hasan dan penyampaian materi oleh ustadz Rizal Nurhadi.

Dipandu oleh Rama Doni sesi pemaparan materi yang pertama dimulai, Ustadz Rizal Nurhadi atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Abu Takeru mengajak para pemuda islam untuk Berkreasi Tanpa Henti dan berhenti menyalahartikan makna dari ibadah. Beliau berpesan kepada para peserta bahwa semua kegiatan atau profesi yang diniatkan untuk mendapatkan ridho Allah merupakan bagian dari ibadah. Semua orang bebas berkreasi selagi tidak haram, karena sejatinya ibadah merupakan segala ucapan, perbuatan, dan perasaan hati yang dicintai dan diridhoi oleh Allah swt. Setelah sesi materi pertama acara dilanjutkan dengan hiburan yang dibawakan oleh Adhitya Prayoga & Hamdi Damanik.

Sedangkan pada sesi kedua, acara kembali dibuka oleh MC dan dilanjutkan oleh moderator yang memimpin jalannya acara penyampaian materi. Materi sendiri disampaikan oleh ustadz Muhammad Reza Nurcholis. Beliau menyampaikan dan mengajak para pemuda untuk aktif untuk menulis sebagai media dakwah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Podcast, Poster, Puisi, Video Kreatif, dan Esai. Dimana juara satu lomba poadcast dimenangkan oleh Assyifa Khania dari UIN Sunan Gunung Jati, dan juara dua dan tiga dimenangkan oleh Irmaya Sari dan Dara Aisyah dari Universitas Negeri Medan, pada lomba poster juara satu diraih oleh Desfi Nur Fitri dari Univesitas Sumatera Utara, juara dua diraih oleh Adelia Nurjannah dari Politeknik Negeri Medan, dan juara tiga diraih oleh Inka Maulida dari IAI Tazkia Bogor. Pada lomba puisi juara satu diraih oleh Muhammad Qhoir Agustina dari Politeknik Negeri Medan, juara dua dan tiga diraih oleh Shofiyyah Adilah dan Jihan Nabila Luqiana dari UINSU. Pada perlombaan video kretif juara satu diraih oleh Ariansyah Pakpahan dari Universitas Budi Dharma Medan, juara dua diraih oleh Putri Lestari dari UNIMED dan juara tiga diraih Fikri Erwinsyah Siregar oleh IAIN Padang Sidempuan. Pada lomba esai juara satu dan dua diraih oleh Joko Salman dan Dwi Apriyadi dari UIN Sunan Gunung Jati dan juara tiga diraih oleh M.Rafli Muhajir dari Universitas Sumatera Utara.

Acara di akhiri dengan penutupan oleh Master of Ceremony. Sedikit pesan dari MC disampaikan pada akhir acara yang berbunyi “semoga dengan acara yang luar biasa ini, akan lahir orang-orang yang luar biasa juga.” MC juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras demi berlangsungnya acara Ramadhan Fest 2022.

.

Related articles

Recent articles