asd
28.7 C
New York

MAHASISWA UNIMED LAKUKAN PENDAMPINGAN BUDIDAYA LARVA BSF DI PESANTREN SALALIMUL FUDHOLAH BAHSARIMA

Published:

Medan, Persma Kreatif–Kelompok PKM-PM Universitas Negeri Medan telah melaksanakan pendampingan pengolahan limbah kotoran kambing menjadi media Budidaya Larva BSF (Black Soldier Fly) di Pesantren Salalimul Fudhollah Bahsarimah. Kegiatan yang berlangsung selama 3 bulan ini telah melakukan sosialisasi terlebih dahulu pada tanggal 20 Juni 2022.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepekaan mahasiswa terhadap kondisi lingkungan pesantren yang terdapat banyak limbah kotoran kambing, apabila tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan pencemaran udara dan dapat menjadi sumber penyakit bagi para santri. Kegiatan diawali dengan sosialisasi dan simulasi pengenalan larva BSF serta pendampingan secara langsung terhadap para santri di pesantren.

Dr. Mufthi Sudibyo, M.Si sebagai dosen pendamping menyampaikan bahwa Budidaya Larva BSF yakni memajukan kemandirian ekonomi dari keberlanjutan usaha Budidaya Larvanya BSF yang sangat menjanjikan. Kegiatan ini diketuai oleh Bismi Amrina (Pendidikan Biologi Billingual 2019) dan beranggotakan Syifa Khairunnisa (Pendidikan Fisika Billingual 2019), Nurul Ramadan (Manajemen 2020), Syafitri Humairoh (Pendidikan Matematika 2020) dan Siti Alif Al-Zuhrah (Pendidikan Matermatika 2020).

Ustad Saifudin Zainuri selaku pemilik pesantren juga berharap dengan adanya program kreatif dari mahasiswa ini tidak hanya memberi dampak bagi pesantren tetapi kepada para santri, karena beliau yakin ilmu yang diajarkan oleh para mahasiswa dapat berguna dan diimplementasikan oleh para santri untuk berwirausaha Budidaya Larva BSF setelah lulus dari pesantren tersebut.

Kru: Nurul

Related articles

Recent articles