12.9 C
New York

Dukung Penerapan Metaverse dalam Media Pembelajaran, Unimed Adakan Latihan Penggunaan Aplikasi Mertaverse kepada Para Dosen

Published:

Medan, Persma Kreatif — Universitas Negeri Medan mengadakan pelatihan penggunaan Metaverse dalam media pembelajaran kepada para dosen Universitas Negeri Medan. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang A Gedung Biro Rektorat Unimed dan diikuti oleh puluhan dosen dari setiap fakultas, Senin (13/12). Johan Dimas Efendi, Mahasiswa Ilmu Komputer 2019 sebagai pemateri mengatakan bahwa kegiatan pelatihan membuat media pembelajaran berbasis VR ini baru pertama kali dilaksanakan. Sebelumnya, kegiatan hanya berupa pemberian materi secara teori. Aplikasi yang digunakan yaitu Millealab dari Sinta VR yang merupakan aplikasi buatan anak bangsa.

Aplikasi ini dirancang khusus sebagai media pembelajaran, 3D aset yang digunakan untuk pembelajaran sudah dibuat oleh pihak pembuat aplikasi. Para pengguna yang tidak memiliki skill coding dapat membuat aset mereka sendiri. Saat ini aplikasi tersebut menyediakan asset-aset pembelajaran Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Sejarah dan Ekonomi. Selain itu pengguna juga dapat membuat karakter 3D aset sendiri, namun kita harus melakukan submission terlebih dahulu dan mendapat persetujuan dari pihak aplikasi agar dapat kita gunakan.


Acara ini masih berbasis online, sehingga diharapkan dapat melakukan inovasi-inovasi dalam media pembelajaran. Jika tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka, kelas dapat dilakukan secara virtual reality. Pengunaan virtual reality ini juga memiliki dampak yang sangat besar dirasakan dalam media pembelajaran karena mahasiswa dapat merasakan simulasi langsung dari pemberajaran yang dilakukan. Harapan selanjutnya adalah acara ini dapat dilaksanakan kembali supaya dapat mengetahui penggunaan Metaverse secara lebih rinci lagi.

Kru : Nurul dan Calvine

Related articles

Recent articles