16.8 C
New York

“Dialog Interaktif Seleksi Mandiri 2021” Hasil Kolaborasi Unimed dengan USU dan UINSU

Published:

Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) pada Jumat, 23 Juni 2021 berkolaborasi dalam menginisiasi dialog interaktif “Seleksi Mandiri Tahun 2021”. Kolaborasi ini melibatkan masing-masing Humas di ketiga Universitas yang menjadi narasumber. Diantaranya adalah Dr. M. Surip, M.Si. CIO. Humas Unimed, Amalia Meutia, M.Psi. Psikolog. Humas USU, dan Yuni Salma, MM. Humas UINSU.

Program kolaboratif ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus semangat untuk calon mahasiswa baru dalam mengikuti seleksi mandiri. Dengan kalimat esensial yang diusung “tidak lulus SNMPTN dan SBMPTN? Masih ada seleksi Mandiri!” Kalimat tersebut bak menjadi jawaban dan kalimat solutif dalam menjawab keresahan sekaligus kekecewaan calon mahasiswa baru yang sebelumnya telah gagal dalam mengikuti seleksi SNMPTN dan SBMPTN.

Seleksi Mandiri adalah salah satu jalur atau seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara mandiri oleh masing-masing kampus. Banyak yang memandang bahwa Seleksi Mandiri merupakan kesempatan terakhir guna dapat lulus dan masuk perguruan tinggi impian. Hal tersebut menjadi substansi dari ketiga Universitas dalam mewujudkan gagasan bersama yang menurut sejarah “baru perdana” melakukan kolaborasi dialog interaktif khusus seleksi Mandiri.

“Hampir semua PTN sulit melakukan ujian di daerah. Kalau di Unimed polanya masih tetap sama. Melakukan UTBK yang dilakukan di kampus.” Ucap Kepala Humas Unimed, Dr. Surip, M.Si. CIO., beliau juga mengatakan bahwa jika siswa ingin mendaftar program seleksi mandiri, maka seyogianya harus pahami pedoman dahulu lalu mendaftar. Bukan sebaliknya, mendaftar lalu memahami pedoman.

Selain sebagai wadah diskusi dan pengetahuan, dialog interaktif ini juga dimanfaatkan sebagai ajang promosi ketiga PTN ternama di Sumatera Utara untuk dapat menarik minat peserta seleksi Mandiri. Masing-masing Humas menjelaskan bagaimana alur pendaftaran seleksi Mandiri di Universitasnya, gambaran proses ujian, program studi favorit, hingga berapa biaya UKT persemester bagi mahasiswa jalur Mandiri dan uang pembangunan yang dapat disalurkan.

“Di Unimed lelompok Saintek dan Soshum dapat memilih 2 prodi dengan membayar Rp250.000,00 sementara campuran dapat memilih 3 prodi dengan biaya Rp350.000,00.” Ka. Humas Unimed melaporkan bahwa tanggal 7 Juni sampai 6 Juli 2021 adalah jadwal pendaftaran seleksi Mandiri di Unimed, “masih ada waktu sekitar dua minggu lagi bagi adik-adik memdaftar seleksi Mandiri di Unimed untuk kemudian melaksanakan UTBK tanggal 8 sampai 12 Juli.” Sambungnya.

“Karena memang dalam kondisi pandemi, masyarakat mungkin bisa datang ke kampus setelah kampus tidak lagi lockdown untuk bertanya atau meminta bantuan atas beberapa kendala yang dihadapi pada seleksi Mandiri. Di Unimed akan menyediakan staff humas untuk menjawab dan melayani masyarakat yang datang.” Tutup Ka. Humas Unimed.

Sementara dari keterangan yang diperoleh, Universitas Sumatera Utara (USU) membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Mandiri dan program diploma (SMM dan SPMPD) yang dibuka tanggal 7 sampai 30 Juni 2021, “ini adalah kesempatan terakhir bagi adik-adik yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri khususnya di Universitas Sumatera Utara. Nah, USU membuka pendaftaran sampai 30 Juni. Itu artinya, adik-adik yang belum mendaftar jalur SMM dan SPMPD hanya memiliki waktu seminggu lagi.” Terang Ka. Humas USU, Amalia Meutia, M.Psi. Psikolog. Lebih lanjut beliau menjelaskan berapa uang pendaftaran, prodi apa saja yang ada di USU, serta kapan tanggal penting seleksi Mandiri seperti UTBK, pengumuman kelulusan, dan alur pendaftaran (dapat dilihat pada laman resmi USU).

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) juga membuka pendaftaran di bulan yang sama. Ka. Humas UINSU, Yuni Salma, MM. melaporkan bahwa UINSU telah membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur Mandiri dari tanggal 14 Juni sampai 6 Juli. “Sama seperti Unimed, UINSU tutup pendaftaran pada tanggal 6 Juli. Untuk kemudian pada tanggal 13 sampai 14 Juli kita melaksanakan ujiannya.” Ka. Humas UINSU lebih jauh juga menjelaskan bahwa pendaftaran dapat diakses melalui media daring yang dikenakan biaya Rp250.000,00. Beliau juga mengimbau bagi calon mahasiswa baru yang ingin memperoleh informasi lengkap dapat mengakses laman resmi UINSU. “UINSU menginisiasi ujian seleksi Mandiri secara daring. Itu artinya, Calon mahasiswa tidak perlu datang ke UINSU. Ujian dapat menggunakan PC, Laptop, dan HP/Smartphone yang bisa dilakukan dari rumah.” Tutup beliau.

Dialog interaktif seleksi Mandiri yang dilangsungkan dari pukul 09.00 WIB ini akan diadakan kembali pada esok harinya, yakni tanggal 24 Juni 2021. Tentunya dengan harapan agar peserta seleksi Mandiri dapat antusias lagi dan mendapatkan jawaban serta pencerahan dari dialog yang diinisiasi.

admin
adminhttp://persmakreatif.com
Hai, ini saya Admin Persma Kreatif. Apakah kamu punya Pertanyaan dan Saran? Biarkan saya tau!, Kirimkan ke Email kami perskreatiftim@gmail.com atau Melalui Intagram @Persmakreatif

Related articles

Recent articles