asd
28.7 C
New York

Apa sih SKPI itu?

Published:

Di tengah ketatnya persaingan untuk masuk ke dunia kerja sekarang ini, maka freshgraduated tidak hanya dituntut untuk unggul dalam perkuliahan dalam kelas dan mendapat nilai baik. Namun, freshgraduted juga dituntut untuk dapat membekali dirinya dengan keterampilan lain seperti keterlibatan dalam kegiatan non akademik yang dapat menunjang prestasi ataupun aktif di berbagai organisasi kampus.

Jika Ijazah adalah bukti bahwa seseorang telah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentunya, dan transkrip nilai adalah daftar nilai yang telah dicapai selama mengikuti perkuliahan, maka SKPI adalah dokumen yang menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasayarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya. Rangkuman riwayat mahasiswa semasa aktif kuliah dapat dilihat di SKPI. SKPI adalah akronim dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Dokumen ini adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang berisi tentang pencapaian akademik, capaian pembelajaran dan kualifikasi lulusan itu sendiri. Lebih sederhananya, SKPI merupakan rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan, apa saja kegiatan/organisasi yang pernah diikuti, ataupun prestasi apa yang pernah diraih.

Sebenarnya peraturan tentang SKPI ini sudah lama dikeluarkan. Namun masih banyak perguruan tinggi yang tidak menerapkan dan kurangnya informasi terkait SKPI itu sendiri di kalangan mahasiswa. Adapun dasar hukum yang mendasari peraturan ini adalah UU No 12 tahun 2012: Tentang Pendidikan Tinggi, Permendikbud No 49 Tahun 2014: Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Permendikbud No 81 Tahun 2014: Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi. Universitas Negeri Medan sendiri akan memberlakukan SKPI mulai Angkatan 2017.

Selanjutnya, apa saja yang bisa dimanfaatkan dari SKPI? SKPI dapat dijadikan dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, dan sikap/moral seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak pengguna di dalam maupun luar negeri dibandingkan dengan membaca transkrip. Dengan SKPI merupakan penjelasan yang dapat dilihat secara objektif apa prestasi dan kompetensi pemegangnya. Terakhir, SKPI dapat meningkatkan kelayakan kerja (employability) terlepas dari kekakuan jenis dan jenjang program studi.

Related articles

Recent articles