13.1 C
New York

Anugerah Diktiristek 2021 : UNIMED Raih Juara Ketiga Kategori ULT dan Majalah Anugerah Humas

Published:

13/01/2022 Anugerah Diktiristek 2021 diadakan bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada Perguruan Tinggi, mahasiswa, dosen, serta seluruh mitra yang terlibat dalam pelaksaan 4 program utama kampus merdeka, yaitu pertukaran mahasiswa, magang bersertifikat, studi independen, dan kampus mengajar. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, apresiasi juga diberikan untuk setiap Humas di Perguruan Tinggi sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi kinerja humas di seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi).

Aspek yang dinilai pada anugerah kali ini yaitu meliputi dukungan pimpinan maupun kebijakan Perguruan Tinggi, baik dalam aspek bentuk organisasi, pendanaan, maupun SDM, kemudian kualitas SOP kerja sama nasional dan internasional, kualitas perencanaan kerja sama, dan bentuk-bentuk kegiatan kerja sama yang dilakukan.

ā€œHari ini kita berikan apresiasi untuk 4 kategori penting. Tadinya anugerah hanya diberikan pada anugerah jurnalisme dan anugerah humas. Pada tahun ini, diperluas dengan dua anugerah baru, yaitu anugerah kampus merdeka dan anugerah kerja sama, karena kita sedang mendorong dashyat transformasi di Tanah Air melalui program kampus merdeka,ā€ ujar Profesor Nizam selaku Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dalam kata sambutannya.

Pada kesempatan kali ini, rekor muri juga diberikan oleh Museum Record Indonesia kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi atas rekor kolaborasi pembelajaran dengan Satuan Pendidikan Dasar dengan mahasiswa terbanyak dan unit kementerian dengan fasilitas komputer kapasitas komputasi terbesar.

Setelah melalui tahap peniliaian, diperoleh beberapa instansi juara terbaik dan juara harapan pada setiap kategori. Pemberian anugerah diawali dengan pemberian penghargaan kepada kategori yang pertama, yaitu anugerah kampus merdeka dengan kategori AKM Mitra Kementerian Lembaga dan Industri. Di mana, diperolehlah beberapa penerima penghargaan, di antaranya yaitu : Bank Indonesia dan Shopee sebagai mitra desain program magang dan studi independen kampus merdeka terbaik. Binar Academy dan Microsoft sebagai mitra penerima studi independen terbanyak. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, PT. Pertamina Persero, dan Google Indonesia sebagai Mitra Matching Fund Kedaireka Terbanyak. PT. Kalbe Farma dan PT. Telkom Persero sebagai Mitra dengan proyek terbaik di program Magang Kampus Merdeka.
Kategori penerima penghargaan selanjutnya yaitu anugerah kampus merdeka kategori Perguruan Tinggi, di mana diperoleh instansi yang berhasil menerima penghargaan, di antaranya yaitu : Univeristas Indonesia sebagai Perguruan Tinggi pengirim magang kampus merdeka terbanyak. Universitas Brawijaya sebagai Perguruan Tinggi pengirim studi independen terbanyak. Institut Pertanian Bogor sebagai Perguruan Tinggi penerima matching Fund kedaireka terbanyak.

Pemberian anugerah selanjutnya yaitu anugerah kerja sama, di mana penerima anugerah tersebut di antaranya yaitu : Bank Negara Indonesia sebagai Mitra pendukung ekosistem finansial pendidikan tinggi, riset dan teknologi. Huawei sebagai Kontributor Talenta Digital Terbaik. PT. Telkom, PT. Pertamina, dan PT. Indofood sebagai kerja sama industry terproduktif dengan perguruan tinggi.

Kategori anugerah selanjutnya yaitu anugerah Humas dengan kategori media sosial terbaik yang diberikan kepada 25 Perguruan Tinggi, di antaranya yaitu Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Bina Nusantara. Pada anugerah Humas kategori Unit Layanan Terpadu Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum, Universitas Negeri Medan berhasil menjadi juara terbaik 3, disusul oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Harapan 1 dan Univeristas Syah Kuala sebagai Harapan 2. Pada kategori majalah terbaik, terdapat 13 perguruan tinggi yang berhasil memperoleh penghargaan, di mana Universitas Negeri Medan berhasil menjadi juara terbaik 3 kategori Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum.

Kategori anugerah terakhir yaitu anugerah jurnalis dan Media yang berhasil dimenangkan Kompas, Detik.com, dan Berita Satu Tv sebagai media terbaik dan Nurcholis Basyari sebagai insan Jurnalistik terinspiratif di bidang pendidikan.

Related articles

Recent articles